kemenpar pesona indonesia

Arief Yahya Buka-bukaan Soal Awal Masuk Kemenpar Hingga Digitalisasi

Ditulis 05 Dec 2017 | 10:09:41
Arief Yahya Buka-bukaan Soal Awal Masuk Kemenpar Hingga Digitalisasi
Arief Yahya, Menpar (dok)

Jakarta (IndiTOURIST) – Kementrian Pariwisata (Kemenpar) bisa dikatakan sebagai salah satu kementrian di lingkungan Kabinet Kerja yang cepat mengadopsi digitalisasi.

Tak hanya banyak aktif di media digital dalam memasarkan Woonderful Indonesia ke luar negeri,

Kementrian yang dipimpin Menteri Pariwisata Arief Yahya ini juga memanfaatkan teknologi sebagai pengungkit daya saing sektor pariwisata nasional.

Misalnya, War Room M-17 yang dijadikan sebagi pusat komando menghadapi peperangan digital bagi sektor pariwisata atau membangun marketplace Indonesia Travel Xchange (ITX) agar target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara bisa tercapai.

“Waktu pertama kali masuk (Kemenpar), saya shock, PNS-nya shock. Kami berdua sama-sama kaget. Saya kan latar belakang korporasi, mereka birokrasi. Saya lakukan transformasi agar sesuai dengan semangat budaya digital,” ungkap Arief Yahya kala ditemui di kantornya, belum lama ini.

Pria yang akrab disapa AY ini mengungkapkan, kelemahan di birokrasi terletak pada kecepatan (Speed) karena terbelenggu dengan banyaknya aturan. “Pertama saya minta ubah aturan sesuai semangat transformasi,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam melakukan transformasi agar bisa lincah seperti korporasi, digunakan dua  pendekatan di Kemenpar yakni berbasis value  (budaya korporat) dan sistem.

“Value Korporat kita kenalkan Wonderful Indonesia Way (WIN WAY) ada tiga hal yakni solid, speed, smart. Saya juga janjikan ada apresiasi  bagi PNS yang berprestasi, saya selalu berikan semua  berdasarkan ranking, kalau ranking tinggi pasti diapresiasi,” katanya.

Sementara untuk pendekatan berdasarkan sistem digunakan Teknologi Informasi (TI).

“Kalau sudah semua pakai TI itu kan cepat dan transparan serta terukur. Karena itu ada War Room, itu tak hanya bisa mengetahui kinerja kita, tetapi juga mengenali musuh kita,” pungkasnya.(idt)

kemenpar pesona indonesia
Komentar
kemenpar pesona indonesia
Photo
Wisata Ancol
25 Jan 2015 | ::
Saat ini, area rekreasi 552 hektar dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City, berisi hotel, cottage, pantai, taman, tempat pasar tradisional, sebuah ...
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved