kemenpar pesona indonesia

Bali Aman, Festival Nusa Penida Pun digelar

Ditulis 07 Dec 2017 | 08:13:21
Bali Aman, Festival Nusa Penida Pun digelar
Festival Nusa Penida (dok)

Denpasar (IndiTOURIST) – Bencana Gunung Agung tak menjadi halangan bagi industri pariwisata di Bali.  Festival Nusa Penida yang kini masuk tahun ke-4 kembali digelar.  Event ini sudah berlangsung sejak kemarin hingga 9 Desember mendatang.

Mengambil tempat di Kabupaten Klungkung, Bali, Festival ini merupakan salah satu bentuk pelestarian adat budaya sekaligus promosi pariwisata. "Meskipun kondisi Gunung Agung masih awas dan menyebabkan menurunnya jumlah wisatawan secara umum, namun kami tetap melakukan promosi wisata. Karena Nusa Penida masih aman untuk dikunjungi dan layak untuk didatangi, apalagi Bandara Ngurah Rai sudah dibuka kembali untuk penerbangan," ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwitra.

Suwitra mengatakan, kegiatan ini akan menjadi bukti kepada wisatawan bahwa kehidupan masyarakat dan pariwisata di Bali masih berjalan seperti biasa. Kegiatan yang terganggu hanyalah dalam radius tertentu dari puncak Gunung Agung.

Acara yang melibatkan 1.500 penari yang tampil di pantai pasir putih di Pantai Mahagiri, Kabupaten Klungkung berlangsung cukup meriah.

"Saya berharap pariwisata Bali tidak terjun bebas dan kami berharap temen-teman yang bergerak di pariwisata agar mengeluarkan segala inovasinya dan meyakinkan wisatawan bahwa Bali masih aman," ujarnya.

Nusa Penida sendiri memang dikenal dengan deretan pantainya yang indah. Sederet ulasan tentang pulau nan cantik, pantai berpasir putih, dihempas ombak laut lepas, akan langsung terpampang. Sudah tak terhitung media, baik lokal maupun asing yang mengulas tentang keindahan Nusa Penida.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti menjelaskan festival ini merupakan agenda rutin tahunan sejak empat tahun silam. Acara ini jadi spesial jadi karena mampu mengembalikan gairah wisata Bali yang sempat lesu akibat erupsi Gunung Agung.

Kemenpar masih percaya Bali bisa bangkit lagi menarik wisatawan asing. Terutama saat tahun baru, Esthy yakin turis mancanegara akan ke pulau Dewata.

"Kami yakin, jelang pergantian tahun Bali kembali semarak dan ramai," ungkap Esthy.

Sejumlah pantainya antara lain Broken Beach alias Pantai Pasih Uug dan Pantai Atuh. Namun, banyak spot di Nusa Penida yang sebenarnya sayang dilewatkan oleh wisatawan.

Sementara itu Menteri Pariwisata Arief Yahya memaparkan Bali terus digunjingkan netizen dengan komentar positif. Cerminannya bisa dilihat dari tagar #enjoybali dan #enjoyMyBali terus berkibar di deretan trending topic nasional.  Arief menegaskan, tidak ada alasan untuk tidak datang ke Bali di akhir tahun ini. (sg)

kemenpar pesona indonesia
Komentar
kemenpar pesona indonesia
Photo
Wisata Ancol
25 Jan 2015 | ::
Saat ini, area rekreasi 552 hektar dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City, berisi hotel, cottage, pantai, taman, tempat pasar tradisional, sebuah ...
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved