Ini empat destinasi wisata di Tegal

Ditulis 19 Sep 2018 | 09:21:11
Ini empat destinasi wisata di Tegal
Kota Tegal (dok)

TEGAL (IndiTOURIST) – Berkunjung ke kota Tegal tak akan membuat Anda jenuh atau pun bosan.  Banyak destinasiw isata yang bisa dikunjungi.  

Kala tim IndiTOURIST berkunjung ke kota ini, kami berkesempatan mengunjungi 4 destinasi wisata.  Ada yang di tengah kota, dan ada pula yang berada jauh di luar kota bahkan naik ke atas bukit.

Kami memilih penginapan di tengah kota.  Dengan harapan mendapatkan akses yang mudah apabila hendak berkunjung ke destinasi-destinasi wisata di kota Bahari ini.

Pantai Alam Indah

Perjalanan kami mulai dari Hotel tempat kami bermalam di kawasan Jalan Gajah Mada kota Tegal pada hari Sabtu, 25 Agustus 2018 pukul 09.10 Wib.  

Destinasi pertama yang kami tuju adalah Pantai Alam Indah. Di pantai ini jiuga tersedia satu destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik. Wisata sejarah Monumen Bahari. Letaknya persis di pintu masuk pantai ini.

Jarak pantai ini dari penginapan adalah 2,2 Km yang membutuhkan jarak tempuh sekitar 6 menit dengan catatan perjalanan lancar.  

Tiba di lokasi, kami tak menyia-nyiakan pemandangan yang kami lihat.  Selain pantai yang indah, ada pula monuen Bahari dengan tugu-tugu pesawat tempur yang sayang untuk tidak ber selfie ria di sana.

Paket internet Smartfren yang menemani kami, memudahkan kami untuk mengupload foto-foto hasil jepretan ke sosial media.  Pamer dikit bolehlah kepada kawan-kawan di sosmed yang belum pernah ke kota ini.  

Selama perjalanan menuju lokasi ini, jalur yang kami lewati sudah tercover 4G bahkan 4G plus Smartfren.  Terlihat dari aplikasi nPerf yang kami gunakan.  Warna merah dan orange terus terlihat pada jalur-jalur yang kami lalui.

Bisa dikatakan jaringan internet di kawasan ini stabil dan mapan.  Pun hasil pengujian jaringannya sangat memuaskan.

Kami juga sempat mengukur kecepatan akses internet Smartfren di kawasan ini.  Kami menggunakan aplikasi Speedtest, Sensorly, dan Nperf, hasil ujinya menunjukkan kekuatan unduh Smartfren berada di atas rata-rata.  Secara berurutan kekuatan unduhnya sebesar 18,9 Mbps, 19,33 Mbps, dan 31,05 mbps.  Waktu pengujian adalah pada pukul 09.43 Wib. (baca : Smartfren Tangguh di Tegal)

Taman Poci dan Rita Park

Setelah sempat menikmati keindahan Pantai Alam Indah, kami langsung menuju destinasi kedua.  Titik destinasi ini adalah taman Poci.  Berada di Jalan Kolonel Sudiarto, Panggung, Tegal Timur.  Berjarak 2,4 Km dari Pantai Alam Indah dan membutuhkan waktu 8 menit.  

Berada di Desa Panggung, Kecamatan Tegal Timur.  Tempat ini telah terdapat di google maps, jadi jika Anda merasa bingung Anda hanya perlu mengikuti petunjuk google maps tersebut.  Jangan khawatir, koneksi internet di kawasan ini sangat baik.  Terutama akses data internet milik Smartfren.  Kebetulan kala kami berkunjung ke kawasan ini, Smartfren menjadi teman dalam perjalanan.

Taman Poci dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti area parkir, kamar mandi, penginapan, dan tempat ibadah. Pun tersedia pedagang kaki lima dengan jajanan khas kota tegal, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. 

Bosan bersantai di Taman Poci, Anda bisa bergeser sedikit ke Rita Park untuk menjajal adrenalin.  Berbagai wahana permainan bak di Dunia Fantasi Ancol , Rita Park patut di coba.

Berada di Jl. Kolonel Sugiono Tegal Barat, Rita Park menyuguhkan berbagai atraksi dan hiburan.  Kami membutuhkan waktu 10 menit menuju ke lokasi ini dari Taman Poci. Jarak tempuhnya sekitar 3,7 km.

Anda pun bisa berselfi ria dan menguploadnya ke sosial media. Jaringan internet milik Smartfren pun bisa diandalkan.  Hasil pengamatan dan pengukuran yang kami lakukan, kekuatan unduh smartfren menunjukkan 6,04 Mbps dan 8,9 Mbps.  Sedangkan kecepatan uploadnya di angka tertinggi 5,56 Mbps dan 2,4 Mbps dengan masing-masing ping sebesar 62 ms dan 177 ms.  Kami melakukan pengujian dengan mesin uji SpeedTest dan Sensorly.

Taman Wisata Guci (Curug Jedor)

Destinasi wisata satu ini berada jauh di luar kota Tegal. Boleh dibilang ini adalah kawasan puncaknya Tegal.  Kami membayangkan udara dingin yang menusuk kala berada di lokasi ini berdasarkan cerita wisatawan yang sudah berkunjung ke sana.

Adalah Taman Wisata Guci.  Destinasi wisata ini boleh dibilang sebagai puncaknya Tegal. Kawasan wisata yang ternyata memang berudara dingin ini adalah kawasan hutan lindung.  

Di sini pula terletak berbagai air terjun alias curug yang sangat Indah.  Kami menjatuhkan pilihan ke Curug Jedor sebagai destinasi akhir untuk melakukan pengujian.

Di kawasan ini pun akses internet tidak akan terputus. Betapa tidak, akses jaringan Smartfren khususnya layanan 4G nya yang kami bawa bisa sampai di sini. Bayangkan, jarak antara Rita Park ke kawasan ini adalah 48 km lebih.  Kami pun membutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih untuk mencapai lokasi. 

Jalan yang menanjak dan melewati bukit di kelilingi pohon-pohon besar yang lebih tepatnya disebut sebagai hutan, hal yang wajar bila kami meragukan Smartfren bisa sampai di sana.

Setiba di lokasi, tepatnya di gapura Taman Wisata Guci, kami pun mendapat kejutan.  Jaringan Smartfren manteng dengan gagahnya.  Sinyal yang kami peroleh sangat sempurna, full bar dengan indikator 4G.

Kami pun bebas untuk berselancar ke dunia maya termasuk mengupload seluruh foto dan video ke sosial media yang kami miliki.

Menurut Sarmin, salah seorang pengelola kawasan wisata ini, jaringan Smartfren sangat baik di sini.  Sarmin pun bercerita bahwa tidak sedikit pengelola dan karyawan penginapan di kawasan wisata ini yang menggunakan Smartfren.

“Teman-teman saya banyak yang pakai Smartfren.  Menurut mereka jaringannya gak pernah drop,” kata Sarmin yang justru menggunakan jaringan operator lain yang tak kalah bersinyal kencang layaknya Smartfren.

Rasa penasaran akan jaringan Smartfren di Kawasan Wisata Guci ini membuat kami bergegas melakukan pengujian.  Tepat pukul 16.00 Wib kami mulai menggelar proses uji.  Dan untuk mendapatkan hasil sempurna, kami melakukan pengujian langsung dengan 3 aplikasi uji.  Speedtest, Sensorly, dan nPerf.

Berikut hasil uji ketiganya secara berurutan kami mulai dari kekuatan unduh.  Speedtest berkekuatan unduh 17,3 Mbps, Sensorly 34,2 Mbps, dan nPerf  34,5 Mbps.  Sedang kekuatan uploadnya yang terdiri dari 20 Mbps, 16,9 Mbps, dan 15,4 Mbps dengan masing-masing ping 66 ms, 116 ms, dan 68 ms. (sg)

 

Komentar
Photo
Wisata Ancol
25 Jan 2015 | ::
Saat ini, area rekreasi 552 hektar dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City, berisi hotel, cottage, pantai, taman, tempat pasar tradisional, sebuah ...
Back to top
Must Read
wisata jawa tengah, candi Borobudur, borobudur of temple, jawa tengah tourism, center of jawa tengah
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved