Liputan Khusus Pesona Indonesia 4

Kalianda Resort, Pantai Andalan Lampung Selatan

Ditulis 08 Aug 2017 | 07:23:11
Kalianda Resort, Pantai Andalan Lampung Selatan
Kalinda Resort (Tono)

KALIANDA (IndiTOURIST) – Bicara pariwisata di Propinsi Lampung, kita tak bisa melupakan sebuah pantai di kawasan Kalianda, Kalianda Resort.  Pantai indah andalan Kabupaten Lampung Selatan ini memiliki banyak daya tarik yang membuat orang ingin berkunjung dan kembali berkunjung ke kawasan ini.

Dikenal sebagai Kalianda Resort, sebenarnya lokasi tersebut saat ini bernama Grand Elty Krakatoa Resort.  Terletak di Jl. Trans Sumatera Km. 45, kawasan Merak Belantung.  Perjalanan dari Bandar Lampung memakan waktu sekitar 1,5  jam, dan bila perjalanan dari Pelabuhan Penyebarangan Bakauheni memakan waktu tidak lebih dari 1 jam.

Selain pantai yang indah, destinasi wisata ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap.  Sebut saja arena outbond, cafetaria, ruang pertemuan, villa, fasilitas water sport, penyewaan sepeda, tempat kemah, banana boat, dan lain sebagainya. 

Akses Broadband

Kawasan yang sebelumnya minim akan sinyal seluler ini, kini justru tergolong maju pesat, setidaknya dalam kurun waktu setahun terakhir. 

Dalam pantauan mesin pengukur sinyal di lima ponsel berbeda operator yang di gelar Tim IndoTelko dalam kesempatan uji jaringan di kawasan ini, empat indikator sinyal menunjukkan kualitas LTE alias 4G.  Kecuali sinyal milik Indosat yang hanya berada di posisi HSDPA.

Melalui uji jaringan yang kami lakukan pada Senin, 31 Juli 2017 lalu pukul 08.00 wib, dari empat operator penebar sinyal 4G, hanya ada 3 operator yang punya kekuatan akses datanya di atas 10 Mbps.  Kecuali Tri yang memiliki kekuatan akses data hanya maksimal di angka 2,49 Mbps dengan mesin pengukur SpeedTest.

Proses uji kali ini kami menggunakan lima ponsel beda tipe dan merek, antara lain : iPhone 7 Plus, Sony Xperia Z3, Lenovo P2 Turbo, Asus Zenfone 3, dan Huawei P9 Lite.

Kekuatan jaringan Smartfren untuk unduh mencapai 11,70 dan upload hingga 3,43 Mbps.  Sementara XL dan Telkomsel punya kekuatan unduh setara dengan angka di kisaran 15 Mbps.  Pun kekuatan uploadnya, Telkomsel ada di angka 6 Mbps, dan XL di 8 Mbps. 

Ini penampakan proses uji jaringan yang kami lakukan di kawasan Bukit Randu dan juga Kalianda Resort dalam video :

Keberadaan sinyal operator khususnya 4G menjadi catatan tersendiri bagi Ganta Maulana, pegawai swasta di kota Bandar Lampung.  Menurut pria yang dalam waktu setahun bisa lebih dari 3 kali berkunjung ke tempat ini untuk urusan bisnisnya, sinyal kuat operator mulai terasa sejak akhir tahun lalu. 

Dikatakannya, sebelumnya untuk koneksi internet dengan jaringan seluler terbilang jeblok.  “Mau pakai internet dari hape sangat mustahil dan susah.  Sinyal ada, tapi cuma EDGE dan sesekali 3G,” jelas pria yang mengaku menggunakan 2 operator berbeda ini.  Ia menambahkan, saat ini salah satu operator miliknya sudah bisa dimanfaatkan untuk koneksi internet.  “Internetnya lumayan cepat saat berkirim email dengan attachment,” ujarnya.

Ganta bukan satu-satunya yang merasakan betul kekuatan broadband di sekitar Kalianda Resort.  Erlan, yang sehari-hari bekerja sebagai staf di Cottage ini mengatakan hal yang sama.  “Sekarang internet gampang.  Sinyal operator tidak putus-putus.  Bisa video call dari WA,” jelasnya. 

Menurut Erlan, makin kuatnya sinyal operator di sekitar Kalianda Resort ini banyak di rasakan oleh para tamu yang berkunjung dan bermalam.  Hal ini bisa dilihat dari aktivitas pengujung yang asik dengan ponselnya setelah berselfi dan mempostingnya ke sosmed atau berkirim foto.  “Sepertinya mereka merasakan apa yang saya rasakan,” tambahnya.  Akses broadband yang bisa mengubah segalanya. (sg)

 

Liputan Khusus Pesona Indonesia 4
Komentar
Liputan Khusus Pesona Indonesia 4
Photo
Wisata Ancol
25 Jan 2015 | ::
Saat ini, area rekreasi 552 hektar dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City, berisi hotel, cottage, pantai, taman, tempat pasar tradisional, sebuah ...
Back to top
Must Read
Wisata Lampung, Pasir Putih, Wisata Serambi Sumatera
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved