Kebun Binatang di Selatan Jakarta

Ditulis 06 Jun 2015 | 09:20:30
Kebun Binatang di Selatan Jakarta
Salah Satu Penghuni Ragunan (foto : dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Di Selatan Jakarta terdapat sebuah suaka bagi hewan-hewan dari berbagai penjuru Nusantara dan Dunia, Ragunan tepatnya.  Taman Margasatwa Ragunan berada di lahan seluas 140 hektar dan menjadi rumah bagi lebih dari 3000 ekor satwa dengan lebih dari 50.000 pohon.

Taman Margasatwa Ragunan adalah kebun binatang modern pertama di Indonesia. Didirikan pada tahun 1864 di kawasan Cikini, Jakarta Pusat dengan nama Planten En Dierentuin yang berarti "Tanaman dan Kebun Binatang." Sampai akhirnya di pengujung tahun 60-an, pemerintah DKI Jakarta dibawah Gubernur Ali Sadikin memindahkan kebun binatang ini ke kawasan Ragunan, Jakarta Selatan.

Pada tahun 2015, pihak pengelola Ragunan berencana menaikan harga tiket masuk. Hal ini dilakukan agar meningkatkan standarisasi kebun binatang. Sebelumnya, Ragunan mendapat predikat sebagai kebun binatang dengan tiket masuk termurah di dunia.

Daya Tarik

Anda dapat melihat berbagai hewan diantaranya gajah, rusa, komodo, zebra, burung unta, kanguru, jerapah, orangutan, gorila dan lain sebagainya. Pada jam-jam tertentu Anda bisa melihat pemberian makanan oleh pengawas hewan. Selain hewan yang ada di dalam sangkar, ada pula kawanan rusa liar di areal hutan mini. Mereka hidup di luar kerangkeng, mirip rusa liar di habitat aslinya di alam bebas.

Taman Margasatwa Ragunan juga merupakan tempat wisata yang cocok bagi anak-anak. Children Zoo adalah areal dimana anak Anda bisa melihat secara dekat hewan-hewan jinak sekaligus mendapat pengajaran mengenai konservasi dan aneka ragam fauna.

Jangan lupa, pada akhir pekan atau saat libur nasional Anda sekeluarga berkesempatan menunggangi unta, kuda poni ataupun gajah yang sudah terlatih. Selain itu ada Pentas Satwa dimana hewan-hewan terlatih melakukan berbagai atraksi lucu dan unik. Pihak pengelola juga menyediakan penyewaan perahu angsa.

Salah satu daya tarik Taman Margasatwa Ragunan adalah Pusat Primata Schmutzer. Di tempat ini terdapat berbagai macam primata seperti siamang, kera putih, orangutan, simpanse ataupun gorila yang terawat cukup baik. Pusat primata ini merupakan pusat konservasi primate terbesar di dunia.

Transportasi

Cara termudah untuk mencapai Ragunan adalah dengan menggunakan Transjakarta karena terletak tepat di sebelah Halte Busway Ragunan. Dari stasiun kereta Gambir Anda naik dari halte Gambir II kemudian turun di Halte Harmoni untuk transit ke Dukuh Atas 1. Ada tangga ramp penyebrangan menuju Dukuh Atas II, dari sana Anda melanjutkan menggunakan Transjakarta koridor 6 menuju Ragunan.

Jika berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta Anda bisa menggunakan taksi langsung menuju Ragunan atau Bus Damri tujuan Terminal Pasar Minggu. Dari Pasar Minggu naik mikrolet 17/17A turun di pintu timur Taman Margasatwa Ragunan. Anda juga bisa menggunakan mikrolet jurusan ini jika beranjak dari stasiun kereta Pasar Minggu.

Akomodasi

Di kompleks GOR Ragunan terdapat wisma bersubsidi bernama Graha Wisata dengan harga sangat murah, yaitu Rp 25 ribu permalam bagi pelajar dan Rp 50 ribu bagi umum. Dengan harga semurah itu Anda sudah mendapatkan fasilitas AC, televisi dan kamar mandi dan akses internet.

Beberapa hotel berbintang yang menjadi rekomendasi kami adalah Hotel Mercure Simatupang di Kebayoran Lama. Mercure Jakarta Simatupang juga menawarkan bar outdoor di puncak gedung, kolam renang outdoor, dan fasilitas golf mini. Daerah Kemang yang tidak terlalu jauh dari Ragunan juga memiliki beberapa hotel dengan fasilitas memadai.

Kuliner

Di areal Taman Margasatwa terdapat berbagai tukang makanan seperti bakso dan pecel ayam. Jika ini pertama kalinya Anda mengunjungi Jakarta, Anda bisa membaca panduan makanan khas Jakarta kami di rubrik kuliner situs ini.

Tips

Pengunjung Ragunan membludak saat libur sekolah, jika Anda tidak senang dengan suasana riuh hindari saat-saat tersebut. Taman Margasatwa juga libur saat hari Senin agar penghuninya beristirahat.

Komunikasi dan Akses Internet

Nah, Bagi Anda yang ingin mengakses internet dan selalu terhubung ke dunia maya untuk sekedar mengabadikan momen-momen selama berwisata di kebun binatang ini, anda bisa menggunakan jaringan 4G Telkomsel.  Koneksi LTE milik Telkomsel ini mampu mengcover kebutuhan akses data berkecepatan tinggi yang dibutuhkan oleh wisatawan khususnya pelanggan Telkomsel.  Sebagai catatan, bila Anda ingin menikmati layanan 4G di Ibukota ini, anda mesti mengganti Simcard Anda ke kartu khusus 4G.  Untuk lebih jelasnya, Anda bisa klik di sini.

Kecepatan akses internet layanan 4G dari operator dengan tagline 'Paling Indonesia" ini patut diacungi jempol. Untuk area sekitar Kebun binatang Ragunan, akses 4G Telkomsel tergolong moncer.  Kecepatan download mencapai 15 Mbps dengan software penguji Speedtest menggunakan ponsel iPhone 5S.  

Memutar video di youtube sama sekali tidak ada kendala dan jeda, langsung joss.  Begitu pula mengunduh data dengan size besar, tidak ada masalah dan kendala berarti.  Uniknya saat diukur menggunakan aplikasi Sensorly, kecepatan download operator GSM nomor satu di Tanah Air ini justru lebih tinggi, nyaris menyentuh angka 18 Mbps. 

Para wisatawan baik lokal maupun mancanegara akan lebih mudah bila hendak men-share foto-foto saat berwisata.  Atau sekedar berkomunikasi dengan kawan dan keluarga lewat jejaring sosial.  Jaringan LTE Telkomsel sangat mendukung aktifitas para wisatawan.  Begitu pula titik-titik wisata di Ibukota Jakarta lainnya.  Jaringan 4G Telkomsel sangat bisa diandalkan (Baca juga : Akses Jaringan LTE Kawasan Monas)

 

Komentar
Photo
Wisata Ancol
25 Jan 2015 | ::
Saat ini, area rekreasi 552 hektar dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City, berisi hotel, cottage, pantai, taman, tempat pasar tradisional, sebuah ...
Back to top
Must Read
Wisata Jakarta, Ancol Jakarta, Sea World, Dunia fantasi Jakarta
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved