Liputan Khusus Pesona Indonesia 4

Lengkuas, Indah dan Membuat Rindu Ingin Kembali

Ditulis 28 Dec 2016 | 09:11:21
Lengkuas, Indah dan Membuat Rindu Ingin Kembali
Keindahan Pantai di Pulau Lengkuas (dok)

Belitung (IndiTOURIST) – Berkunjung ke Belitung tak afdol rasanya bila belum berkunjung ke Pantai Tanjung Kelayang.  Dan berkunjung ke Tanjung Kelayang tak lengkap dan sempurna bila tak merasakan sensasi mengarungi laut dengan perahu motor menuju Pulau Lengkuas.

Pulau ini adalah pulau terluar dari gugusan kunjungan wisata hopping island di pulau Belitung.  Terletak di utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk kota Tanjung Pandan Kabupaten Belitung.  

Boleh dibilang pulau ini adalah maskotnya Belitung.  Andalan wisata pantai di Belitung.  Daya tarik pulau ini selain keindahan alam bawah laut berupa spot terumbu karang, juga keindahan batu granit yang tersusun menghadap ke arah selatan.  Satu lagi yang menarik adalah Mercusuar yang di bangun pada masa penjajahan belanda pada tahun 1882.

Mercusuar ini masih berdiri kokoh dan berfungsi untuk penuntun kapal di sekitaran pulau.  Terdapat 17 lantai yang rata-rata memiliki antara 11-19 anak tangga.

Pulau ini pada awalnya bernama asli Lighthouse Island.  Karena lidah masyarakat Belitung tidak bisa melafalkan Lighthouse island secara sempurna, maka Langkuas jadi kebiasaan masyarakat Belitung menyebutnya.

Transportasi

Menuju pulau ini kita bisa memulainya dari pantai Tanjung Kelayang.  Di sana sudah tersedia perahu yang bisa disewa untuk menyeberang ke pulau yang bisa ditempuh sekitar 30-40 menit itu.  Harga sewa perahu beragam.  Mulai dari Rp.400 ribuan hingga 1 jutaan, tergantung besarnya perahu dan banyaknya penumpang.  Harga sewa tersebut di luar sewa pelampung untuk menjaga keamanan para penumpang.

Telekomunikasi

Di pulau Lengkuas ini tiga operator besar Indosat, Telkomsel, dan XL bisa ditangkap sinyalnya oleh Asus Zenfone 3 Max.  Namun ketiganya memberikan indikator sinyal dan teknologi yang berbeda.  Indosat misalnya, hanya mampu menyuguhkan jaringan EDGE dengan indikator 4 bar di aplikasi SpeedTest, dan sempat menangkap jaringan HSDPA dengan aplikasi Sensorly dan nPerf.

Sedangkan Telkomsel memberikan jaringan dan layanan 4G dengan indikator sinyal 3 bar di semua aplikasi uji yang digunakan.  Sementara XL konsisten di jaringan 4G untuk dua aplikasi uji yakni SpeedTest dan nPerf.  Namun di aplikasi Sensorly, jaringan XL hanya di teknologi HSDPA.

Hasil uji

Angka uji dengan aplikasi SpeedTest kembali mengukuhkan kekuatan jaringan Telkomsel di kawasan Belitung khususnya Pulau Lengkuas.  Kecepatan akses data Telkomsel mencapai angka 38, 64 Mbps dan kecepatan uploadnya di angka 2,29 Mbps.   XL pun punya kekuatan yang bisa diandalkan untuk urusan unduh-mengunduh.  Kekuatan unduhnya di angka maksimal 19,94 dan upload pada angka 6,23.  Sementara Indosat punya kekuatan unduh pada angka maksimal 0,19 Mbps dan 0,03 Mbps untuk upload.

Lain lagi di aplikasi Sensorly.  Indosat yang menangkap sinyal HSPA+ punya kekuatan unduh sampai angka maksimal 5,31 Mbps dan upload 0,05 Mbps.  Telkomsel dengan kecepatan unduh hingga 26,45 Mbps dan XL yang berjaringan HSPA+ di angka unduh 9.49 Mbps plus kekuatan upload 0,45 Mbps.

Hasil Uji dengan Sensorly

Satu aplikasi lagi yakni nPerf, kembali menunjukkan makin kukuhnya Telkomsel menjadi penguasa di Belitung.  Angka unduhnya mencapai 28,38 Mbps dan upload di angka 11,61 Mbps.  XL ada di posisi kedua tercepat dengan angka unduh maksimal 21,57 dan upload 10,59 Mbps.  Sementara Indosat dengan jaringan UMTS nya berkekuatan unduh 11,25 Mbps dan pload 0,79 Mbps. 

Kekuatan dengan nPERF

Pengujian di pulau Lengkuas ini membuat kami menarik kesimpulan : Pertama, bahwasannya kekuatan Telkomsel memang sulit ditandingi di kawasan luar Jawa.  Dominasi Telkomsel yang jaringannya sudah merambah pulau-pulau terluar Tanah Air menunjukkan keseriusan operator ini dalam “memerahkan” seluruh wilayah Nusantara.  Kedua, XL menunjukkan kelasnya pula sebagai operator yang pertama kali masuk dan memberikan layanan di Belitung.  Ketiga, Indosat terlihat lemah dan kurang maksimal.  Boleh jadi ini karena infrastruktur yang dibangun Indosat belum merata dan maksimal.  Pun yang terjadi dengan Tri dan juga Smatfren yang sama sekali belum masuk di kawasan Tanah Laskar Pelangi ini.

Ingin melihat keindahan Pulau Belitung dan Pulau Lengkuas, Klik di sini !!!

Keindahan dalam suguhan video, Nikmati di sini !!!

 

 

Liputan Khusus Pesona Indonesia 4
Komentar
Liputan Khusus Pesona Indonesia 4
Photo
Wisata Ancol
25 Jan 2015 | ::
Saat ini, area rekreasi 552 hektar dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City, berisi hotel, cottage, pantai, taman, tempat pasar tradisional, sebuah ...
Back to top
Must Read
Wisata bangka barat, wisata muntok, tempat pengasingan bung karno, bangka barat tourism, muntok tourism
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved