Destinasi Wisata Semarang

Lima titik wisata berselimut 4G

Ditulis 23 Sep 2018 | 08:21:11
Lima titik wisata berselimut 4G
Kota Tua Semarang (dok)

SEMARANG (IndiTOURIST) –  Bicara kota Semarang, tak bisa kita lupakan seabrek destinasi wisatanya.  Selain kuliner, Semarang juga dikenal dengan berbagai titik-titik atau kawasan wisata yang indah dan sayang untuk di lewatkan.  Ini yang menjadi alasan Tim IndiTOURIST harus menetap selama 2 hari di kota ini. “Tak cukup satu hari untuk mengeksplore Semarang,” kata salah seorang anggota tim.

Lima destinasi wisata menjadi target utama yang akan kami kunjungi.  Kelimanya terdiri dari Masjid Agung, Brown Canyon, Kota Tua/Moseum 3D, Pantai Marina, dan Lawang Sewu.

Keberadaan destinasi-destinasi wisata tersebut tak lengkap rasanya kalau tidak di cover oleh jaringan telekomunikasi yang andal terutama akses data.  “Sehabis jepret sana sini, biasanya kami upload foto ke IG,” kata Taty seorang wisatawan lokal asal Bandung yang kami temui. 

Menurutnya, eksis di sosmed merupakan aktifitas yang tidak bisa ditinggalkan.  “Wajib hukumnya main sosmed dan selfi-selfi,” katanya tegas. Ia pun menuntut jaringan internet dari operator mampu mengakomodir kebutuhan wisatawan  sepertinya.

Dan dalam perjalanan kali ini pun kami ditemani Smartfren yang kami percaya punya akses baik dengan paket data yang tergolong murah.

Coverage Smartfren

Kala kami mengintip coverage jaringan Smartfren, nampak jelas bahwa operator ini serius dalam menyuguhkan jaringan baik 4G hingga 4G+.

Di berbagai titik wisata yang kami tuju pun, Smartfren unjuk gigi dengan jaringannya yang stabil dan akses data yang super lancar.

Bicara biaya paket data, Smartfren pun menawarkan paket data yang tergolong murah dan beragam.  Baru-baru ini pun Smartfren kembali memanjakan pelanggan dan calon pelanggannya dengan menawarkan paket data unlimited. (baca : Super 4G Unlimite ala Smartfren) .

Penasaran dengan kekuatan akses data operator ini di lima titik wisata yang kami kunjungi, kami pun melakukan pengukuran kecepatannya.  

Berbekal dua layanan paket data dari Smartfren.  Yang pertama menggunakan iPhone 6 Plus dengan berlangganan paket data unlimited termurahnya, Rp. 65 ribuan per bulan. Paket unlimited ini memberikan benefit antara lain unlimited internet 24 jam, telepon sepuasnya ke smartfren, kecepatan full 4G sebesar 1Gb per hari.  

Perangkat koneksi selanjutnya adalah modem. Modem tipe Mi Fi M5 dengan paket Smartplan jadi pilihan kedua untuk pengujian kekuatan jaringan Smartfren di kota ini.

Masjid Agung

Masjid ini menjadi salah satu andalan wisata masyarakat Semarang dan sekitarnya.  Bahkan wisatawan dari luar Jawa Tengah pun penasaran dengan keindahan dan kemegahan masjid ini.

Kabar adanya payung yang bisa dibuka tutup ala masjid Nabawi di Madinah, membuat masyarakat ingin membuktikan dan melihatnya.  Mungkin dalam pikiran mereka, sebelum ke Madinah bisa melihat keberadan payung tersebut di Semarang. 

Usai melakukan sholat zuhur di masjid ini, kami sempat ngaso sesaat dan tentunya berswa foto.  Hasil jeprat-jepret dengan kamera ponsel, bisa langsung kami upload ke sosmed. Sangat lancar dan cepat. 

Penasaran dengan kecepatan akses data Smartfren di titik ini,  kami pun mengukurnya dengan Aplikasi SpeedTest.  Hasil uji nya muncul kekuatan unduh 37,6 Mbps, upload 3,19 Mbps dengan ping 24 ms.  

Sementara hasil uji dengan Sensorly menunjukkan kekuatan unduhnya mencapai 17,2 Mbps, upload 1,3 Mbps, dengan ping 153 ms. Sedangkan dengan aplikasi nPerf, Smartfren cukup andal.  Skor akhir yang didapat sebesar 45416 nPoints, dengan rincian kekutan unduh di 19,8 Mbps dan upload 5,59 Mbps.

Brown Canyon 

Tempat bernama Brown Canyon ini adalah merupakan proyek galian C yang sudah berumur 10 tahun lebih. Banyak masyarakat Semarang yang meraup rejeki dari galian pasir di kawasan ini.  

Sebenarnya Brown Canyon bukan tempat wisata melainkan perbukitan biasa.  Imbas dari penambangan pasir yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun ahirnya berubah wujud seperti layaknya Green Canyon yang ada di Amerika.

Sangat indah bahkan membuat Brown Canyon ini jadi salah satu obyek wisata dan tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi. Keindahan tebing bak di luar negeri menjadi spot foto yang disukai oleh pengunjung.

Nuansa Eropa membuat kami pun tak sungkan untuk merekam gambar baik dengan video dan foto.  Akses internet yang bisa diandalkan di kawasan ini dari Smartfren, membantu kami dapat berkirim gambar ke teman atau menguploadnya ke jejaring sosial. (Baca : Smartfren Ngejoss di Lima Destinasi Wisata Semarang)

Kota Tua/Moseum 3D

Tiba di kawasan ini pukul 16.55 Wib. Suasana sore yang sangat bersahabat bagi kami kala menikmati keindahan arsitektur kota tua Semarang ini. Di kawasan ini pula terdapat museum 3D yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Banyak kaum milenial yang kongkow-kongkow di kawasan ini.  Betapa tidak, berbagai spot foto di sediakan oleh pihak pengelola bagi para pelancong yang datang.

Nampak kelompok anak muda bersemangat berfoto ria di spot-spot yang disediakan pihak pengelola.  Moseum 3D pun jadi destinasi yang tak kalah menarik. Pengunjung bisa berfoto dengan nuansa 3D yang sangat indah, lalu tentunya mengupload nya ke sosial media.

Dukungan Smartfren di kawasan ini pun sangat serius.  Akses data untuk downloadnya mencapai 22,4 Mbps kala kami mengukurnya dengan SpeedTest. Termasuk saat mengukur dengan mesin Sensorly.  Kekuatan downloadnya di angka 25,3 Mbps dan upload 6,0 Mbps.

Pantai Marina dan Lawang Sewu

Bergeser ke pantai Marina.  Kami tiba di sini persis saat matahari akan terbenam. Area Pantai Marina yang juga merupakan pemukiman alias komplek elit ala Taman Impian Jaya Ancol. Aktifitas wisatawan di sore itu cukup ramai, terutama para penghobi memancing.

Selain memancing, para pengunjung pantai ini nampak sangat menikmati pemandangan pantai sambil jajan dan menyeruput kopi dari para  pedagang kaki lima di sekitaran pantai.

Dikarenakan malam sudah larut, kami memilih untuk kembali ke hotel dan beristrahat.  Perjalan kami lanjutkan keesokan harinya untuk berkunjung ke destinasi terkahir, Lawang Sewu.  

Masyarakat Semarang menyebutnya Lawang Sewu karena bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak, meskipun kenyataannya jumlah pintu gedung ini tidak mencapai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu alias.

Gedung ini usai kemerdekaan digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia.  Juga pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah. 

Di masa perjuangan gedung ini memiliki catatan sejarah tersendiri yaitu ketika berlangsung peristiwa Pertempuran lima hari di Semarang (14 Oktober - 19 Oktober 1945). Gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang.  Karenanya Pemerintah Kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.

Banyak spot-spot foto di destinasi wisata Lawang Sewu.  Dan tentunya menjadi incaran kaum milenial kala berkunjung ke Semarang. 

Dukungan operator Smartfren pun cukup maksimal di sini.  Terbukti sinyal 4G yang full bar nampak di ponsel yang kami gunakan.  Fakta yang terlihat kala kami melakukan uji jaringan adalah, bahwa kekuatan upload Smartfren dengan dua aplikasi Speedtest dan Sensorly tergolong baik. 

Kecepatan unduh dengan  SpeedTest mencapai 24,5 Mbps, upload 3,3Mbps, dengan ping 159 ms.  Sedangkan aplikasi uji nPerf menghasilkan kekuatan unduh Smartfren di angka 34,4 Mbps, upload 2,69 Mbps, dan ping 54 ms.  Sementara skor akhir uji dengan nPerf mencapai  49497 nPoints.  (sg)

 

Komentar
Photo
Wisata Ancol
25 Jan 2015 | ::
Saat ini, area rekreasi 552 hektar dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City, berisi hotel, cottage, pantai, taman, tempat pasar tradisional, sebuah ...
Back to top
Must Read
wisata jawa tengah, candi Borobudur, borobudur of temple, jawa tengah tourism, center of jawa tengah
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved