Nikmatnya hidangan nasi Krawu

Ditulis 27 Apr 2019 | 07:23:11
Nikmatnya hidangan nasi Krawu
Nasi Krawu

GRESIK (IndiTOURIST) – Berkunjung ke Gresik, tentu jangan melewatkan makanan khas kota ini. Apalagi kalau bukan Nasi Krawu. 

Nasi yang dibungkus dengan daun pisang ini bisa dijumpai kapan saja, tak hanya di jam makan siang, sarapan dan makan malam pun sangat mudah menjumpai Nasi Krawu di Gresik.  

Nasi Krawu terdiri dari campuran menu yang cukup sederhana, yaitu; nasi putih dengan topping daging suwir serta serundeng (abon kelapa) dan sambal. 

Daging suwir yang merupakan daging sapi  yang diolah dalam potongan utuh, dimasak bersamaan dengan jeroan seperti babat, usus, dan hati.   Kenikmatan nasi Krawu ini adalah ada di serundengnya. Serundeng pada nasi krawu ini  terdiri atas serundeng kuning yang disangrai bersama bumbu bercita rasa asin gurih, serundeng merah yang memiliki rasa cenderung pedas, dan serundeng coklat yang lebih berminyak dan memiliki rasa paling gurih.

Sejarah Nasi Krawu

Awalnya nasi ini berasal dari kawasan Madura.  Dibawa oleh masyarakat Madura yang hijrah ke Gresik, sebagai lahan usahanya untuk memenuhi kebutuhan hidup.  

Nasi ini berasal dari istilah krawuk, yang dalam istilah masyarakat Gresik berarti mengambil sembarang dengan menggunakan tangan.  Biasanya dalam penyajiannya, pedagang hanya menggunakan tangan untuk meletakkan berbagai jenis makana tersebut ke atas piring.

Masyarakat Gresik percaya bahwa nasi krawu tidak akan terasa nikmat jika tidak dihidangkan di atas daun pisang. Adapun, nasi putihnya sendiri disajikan setelah dikipasi terlebih dulu untuk menghilangkan uapnya. Diyakini dengan proses itu, nasi akan menjadi lebih pulen.

Perjalanan Tim IndiTOURIST ke Gresik ini bersamaan dengan proses uji jaringan di kawasan Gresik oleh Tim IndoTelko Group.   Pengujian jaringan kami lakuka di beberapa titik uji salah satunya adalah destinasi wisata kuliner Nasi Krawu tepatnya di kawasan Lapangan olah raga KRT Poesponegoro. 

Pengujian dilakukan pada pukul 12.20 Wib.  Ada tiga operator yang tetap stabil speed unduhnya yakni Telkomsel, XL, dan Smartfren, satu operator yakni Tri standar saja, dan Indosat terasa lambat.

Kekuatan unduh Telkomsel ada di angka 53,1, upload 18,1, XL download 29,5, upload 6,03, Smartfren download 13,8, upload 0,08, dan Tri download 5,58, upload 10,5, dan Indosat download 0,75, upload 13,3. (sg)

Kunjungan ke Gresik dalam video :

 

 

 

Komentar
Photo
Wisata Ancol
25 Jan 2015 | ::
Saat ini, area rekreasi 552 hektar dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City, berisi hotel, cottage, pantai, taman, tempat pasar tradisional, sebuah ...
Back to top
Must Read
menpar arief yahya, menteri pariwisata, arief yahya, kunjungan wisman, target wisman, TIK dan pariwisata
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved