Nikmatnya Kuliner Ala Bogor

Ditulis 19 Apr 2016 | 05:23:15
Nikmatnya Kuliner Ala Bogor
Asinan Bogor (dok)

Bogor tidak hanya memiliki istana dan kebun Raya. Kota satu ini juga memiliki keberagaman kuliner yang dijamin khas dan bakal menggoyang lidah Anda. Waktu perjalanan yang dekat dari Jakarta juga memberi nilai lebih bagi Anda yang doyan plesir kuliner.

Apa saja kuliner yang ditawarkan Bogor? Yuk kita simak.

Roti Unyil Bogor

Pertama ada roti yang namanya sudah lekat dengan Kota Hujan. Roti Unyil Venus yang beralamat di Jl Pajajaran Komplek Ruko V-Point no 1 adalah buruan utama wisatawan saat ke Bogor. Roti ini punya ciri khas berbentuk unyil alias kecil atau mini.

Rasanya bermacam-macam, ada rasa pisang keju, cokelat, sosis, srikaya, abon, dan masih banyak lagi. Ada baiknya jika ingin membeli roti unyil mulai dari pukul 09.00 WIB pagi, karena kalau sudah sore biasanya roti unyil di sana sudah habis diburu.

Asinan Bogor

Tidak jauh dari Roti Venus Anda bisa menemukan Asinan Gedung Dalam yang legendaris. Terletak di Jalan Siliwangi No 27 C dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Asinan Gedung Dalam  asinan sayur atau buah. Asinan buah biasanya terdiri dari jambu, bengkoang, ubi merah, pepaya, mangga, dan masih banyak lagi. Untuk asinan, terdiri dari tauge, kol, kacang, dan lain-lain. Asyiknya, Asinan Gedung Dalam ini rasanya segar dan tanpa bahan pengawet.

Talas Roll

Talas Roll adalah oleh-oleh baru yang namanya memang belum sepopuler Asinan Gedung Dalam atau Roti Unyil Venus, namun makanan satu ini mulai mendapat momentum. Talas Roll merupakan modifikasi dari bolu gulung dengan menggunakan talas sebagai bahan baku utamanya.

Menu Talas Roll dibuat dalam tujuh rasa berbeda, antara lain blueberry, mocca, cokelat, dan keju. Harga satu Talas Roll hanya Rp 39 ribu. Lokasinya ada di Rumah Talas hanya sekitar 3 kilometer dari pintu Tol Baranangsiang ke arah Jambu Dua. Atau, jika ingin cepat, dari Jakarta bisa keluar pintu Tol Sentul Selatan dan masuk kembali ke tol lingkar luar ke arah Kota Bogor.

Toge Goreng Bogor

Salah satu makanan khas Bogor yang sangat cocok untuk disantap hangat-hangat selagi menikmati dinginnya hujan adalah toge goreng. Meskipun disebut sebagai `toge goreng` sebenarnya masakan ini tidak digoreng, melainkan di rebus.

Toge goreng adalah sebuah hidangan yang terdiri dari potongan lontong, mie telor kuning, irisan tahu goreng, dan toge rebus tentunya. Campuran ini kemudian di siram dengan bumbu hangat berbahan dasar tauco dan oncom dengan sensasi rasa manis dan asin yang unik serta kecap manis sebagai tambahan yang menambah kenikmatan toge goreng tersebut.

Mang Gebro adalah nama paling populer diantara pecinta toge goreng. Warung yang dikelola turun-temurun sejak 1975 ini berpusat di Jalan Dewi Sartika (Pasar Anyar) dan telah memiliki beberapa cabang di kota bogor.

Martabak Air Mancur

Pecinta martabak, harus datang ke tempat yang satu ini dan mencoba martabak-martabak andalan yang dijual di sini. Martabak manis ataupun martabak telur yang dijual di toko ini dijamin enak. Martabaknya halus, dan rasanya pas di lidah.

Macaroni Panggang

Macaroni Panggang bertempat disebuah rumah tua berlantai dua yang ada di Jalan Salak nomer 24, Taman Kencana - Bogor. Macaroni yang menjadi jagoan ini terbagi atas 2 jenis, yaitu macaroni panggang biasa dan macaroni special.

Untuk macaroni spesial, macaroni diisi dengan jamur hioko dan smoked beef. Tersedia pula 3 pilihan ukuran yang bisa kita pilih, mulai dari small, medium dan large. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 14.000,- sampai Rp 155.000,-. Jam buka mulai dari jam 07.00 - 22.00 WIB.

Gepuk Karuhun dan Ikan Balita

Gepuk Karuhun dan Ikan Balita adalah panganan yang sering dicari akhir-akhir ini oleh mereka yang berkunjung ke Bogor. Gepuk Karuhun adalah kuliner khas Bogor yang diolah berdasarkan resep warisan turun-temurun dan hingga sekarang belum diubah komposisi pengolahannya. Oleh karena itulah gepuk ini dinamai "Karuhun" yang berarti "leluhur".
Sedangkan Ikan Balita adalah ikan mas kecil-kecil yang digoreng garing dan renyah. Bisa disantap sebagai makanan pendamping atau sebagai cemilan yang nikmat.

Doclang

Saat malam datang di kota Bogor coba mampir ke depan Toko Terang yang berada di daerah Jembatan Merah dan cicipi kenikmatan Doclang. Doclang merupakan makanan khas tradisional Bogor yang terbuat dari lontong dengan siraman bumbu kacang kental.Di Bogor sendiri makanan ini semakin sulit ditemui.

Doclang Terdiri atas irisan lontong ukuran besar yang dibungkus daun patat, kentang, tahu, kerupuk, dan telur rebus. Berbagai bahan ini kemudian disiram bumbu kacang yang dicampur aneka macam rempah. Kemudian, bahan-bahan tersebut ditambah kecap secukupnya, dan sambal bagi yang suka pedas.

 

Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir ini, satu kawasan kuliner yang makin "sesak" dipenuhi jajanan, cafe, dan resto adalah kawasan Salak.  Kawasan ini dekat dan dikenal dengan Taman Kencana.  Di sinilah letak cafe yang menawarkan makaroni panggang, pie apple, dan berbagai menu masakan lainnya.

Pengunjung pun bisa mengabadikan momen-momen menyenangkan sambil melahap makanan dan menguploadnya ke jejaring sosial.  Objek foto di kawasan ini sangat menarik karena mayoritas cafe-cafe tersebut menggunakan rumah yang berdesain tempo dulu.

Kekuatan Jaringan Di Taman Kencana

Akses internet di kawasan ini bisa anda jalankan lewat ponsel yang digunakan.  Semua operator memiliki akses internet yang bisa diandalkan.  Tim uji jaringan IndiTOURIST dan IndoTelko sempat melakukan pengujian jaringan di area ini.  Hasilnya, semua operator disimpulkan mampu memberikan layanan maksimal untuk akses internet.

Komentar
Photo
Wisata Ancol
25 Jan 2015 | ::
Saat ini, area rekreasi 552 hektar dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City, berisi hotel, cottage, pantai, taman, tempat pasar tradisional, sebuah ...
Back to top
Must Read
Wisata Cirebon, Upacara Panjang Jimat, Kuliner Cirebon
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved