Liputan khusus Pesona Indonesia destinasi digital

Warung Diggers makin asyik dengan 4G

Ditulis 16 May 2018 | 05:18:22
Warung Diggers makin asyik dengan 4G
Warung Diggers (dok)

Bandar Lampung (IndiTOURIST) – Bagi kaum milenial di Bandar Lampung, Café bernama Waroeng Diggers ini sudah cukup punya nama.  

Café yang berdiri di era 90 an ini memang hadir menyasar kelompok anak muda.  Meski saat ini tak hanya kaum milenial saja yang berkunjung di café yang menyediakan spot-spot keren untuk berselfie, termasuk juga karyawan kantoran hingga orang tua.

Kesempatan berkunjung ke Bandar Lampung pun tak disia-siakan oleh Tim IndoTelko Group.  Sebelum kami menuju pelabuhan Bakauheni untuk kembali ke Jakarta, kami mempir sejenak untuk makan siang sekaligus mengintip aktifitas di café yang menawarkan berbagai keindahan alam ini.

Ada tiga pemandangan sekaligus yang ditawarkan oleh Diggers.  Gunung, kota, dan laut.  Apabila Anda menengok ke kiri, hamparan pegunungan indah yang akan dilihat, pandangan lurus ke depan lautan berikut kapal yang hilir mudik keluar masuk pelabuhan peti kemas Panjang, dan menengok ke kanan, Anda akan melihat keindahan kawasan kota di sekitaran Teluk Betung.

Berlokasi di Komplek Besi Baja, Jalan Way Sungkay, Pahoman Bandar Lampung, Diggers memang sangat strategis.  Mudah dijangkau kendaraan dari berbagai penjuru.

Destinasi Instagramable

Di Waroeng Diggers, pengunjung akan dimanjakan oleh spot-spot untuk berselfie.  Titik-titik foto yang instagramable bisa dipilih sesuai keinginan.  Boleh lah apabila café satu ini layak di sebut sebagai destinasi digital.

Selain keindahan alam sekitar, Diggers café juga kerap menampilkan live musik dari kelompok musik atau band-band di Bandar Lampung. Area bermusik tersebut di sediakan pengelola Diggers setidaknya sekali dalam seminggu. 

Titik-titik foto yang instagramable di Diggers, ternyata mendapat dukungan penuh dari seluruh operator penyedia layanan seluler.  Di area Diggers Pahoman dan sekitarnya, layanan 4G sudah bisa ditangkap dan dinikmati.  Usai pengunjung berselfie ria, mereka bisa langsung menguploadnya ke jejaring sosial atau sekedar meng update status. (Baca : Kolaburasi antara destinasi wisata, internet, dan sosmed)

Rasa penasaran Tim IndoTelko berakhir pada pengujian dan pengukuran jaringan.  Seperti pengujian jaringan yang kami lakukan sebelumnya, kami menggunakan lima perangkat ponsel kelas atas yang sudah berjaringan 4G dan berbekal jeroan yang tak kalah tangguh. Ada Lenovo P2 Turbo, Asus Zenfone 4 Max, Asus Zenfone 4 Max Pro, Huawei Nova 2i, iphone 7 plus, dan modem Andromax M3Y.   

Proses uji kami lakukan pada Minggu, 22 April 2018 pukul 14.30 Wib.  Mesin uji atau aplikasi yang kami gunakan adalah Speed Test yang merupakan aplikasi andalan kami selain Sensorly dan nPerf.   

Hasil Uji

Dari hasil pengujian sinyal operator, semua jaringan operator telah menyuguhkan 4G.  Paling banter perbedaan jumlah bar dan daya tangkap sinyal antar operator saja yang ada. Itu pun tidak signifikan.  

Kekuatan sinyal paling kencang adalah milik Smartfren. Angka  unduh maksimal dari modem Andromax M3Y sebesar 28,3 Mbps, dan kecepatan uploadnya di angka 1,50 Mbps dengan ping 39ms.

Tercepat kedua milik Telkomsel.  Kekuatan akses data 4G Telkomsel di area ini mencapai angka maksimal 19,1 Mbps untuk kekuatan unduhnya.  Sementara akses uploadnya, Telkomsel justru lebih kuat, mencapai angka maksimal 22,8 Mbps. Memutar video di Youtube sama sekali tidak terjadi jeda atau gangguan yang berarti.

Akses internet tercepat milik XL Axiata.  XL punya kekuatan unduh mencapai 15,0 Mbps.  Sedangkan daya uploadnya ada diangka maksimal 9,02 Mbps. Keluar masuk berbagai situs ternama, memutar youtube dan juga mengupload video di situs ini, berjalan cukup baik dan tidak ada kendala.

Selanjutnya akses unduh milik Indosat juga tak mau kalah.  Indosat punya kekuatan unduh maksimal hingga 13,1 Mbps, dan kecepatan uploadnya di angka 16,4 Mbps dengan ping 31 ms.

Kondisi jaringan Tri lain lagi.  Tri nampaknya sedang ada kendala kala kami melakukan uji jaringan di kawasan ini. Meski jaringan Tri tertangkap 4G, namun untuk terkoneksi server saat uji coba dengan aplikasi SpeedTest, tidak berjalan baik.  Alhasil angka yang muncul pun untuk kekuatan unduh hanya maksimal 0,13 Mbps dan upload di 0,30 Mbps.  Sudah pasti tidak bisa dijadikan sebagai hasil uji.

Melihat hasil uji lima operator di Waroeng Diggers ini, kesimpulan secara umum yang bisa kami tarik adalah bahwa Diggers sudah secara maksimal tercover jaringan 4G oleh seluruh operator.  Kekuatan dan nilai lebih Diggers adalah lokasi strategis cafe ini.  Diggers berada di bibir ketinggian yang tentu saja sangat mudah untuk mendapatkan sinyal tanpa ada halangan yang berarti. (sg)

Liputan khusus Pesona Indonesia destinasi digital
Komentar
Liputan khusus Pesona Indonesia destinasi digital
Photo
Wisata Ancol
25 Jan 2015 | ::
Saat ini, area rekreasi 552 hektar dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City, berisi hotel, cottage, pantai, taman, tempat pasar tradisional, sebuah ...
Back to top
Must Read
Wisata Lampung, Pasir Putih, Wisata Serambi Sumatera
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved