Wisata Magelang Go Digital

Ditulis 29 Sep 2018 | 14:21:22
Wisata Magelang Go Digital
Turis di Borobudur (dok)

MAGELANG (IndiTOURIST) – Berkembangnya teknologi telekomunikasi seluler membuat berbagai daerah lebih mudah dalam “menyodorkan” destinasi wisata.  Salah satunya adalah kota Magelang.

Kota yang berada di bawah Propinsi Jawa Tengah ini ternyata memiliki banyak destinasi wisata. Dukungan jaringan telekomunikasi yang luas dan merata membuat kota Magelang tak lagi ragu dalam menyuguhkan destinasi wisata digital. 

Selain keberadaan Candi Borobudur dan beberapa candi lainnya, ternyata di Magelang pun ada beberapa destinasi yang tak kalah menarik.

Wisatawan bisa melepas kepenatan, kumpul bersama keluarga, dan ber swa foto untuk meng-uploadnya ke jejaring sosial sebagai bentuk eksistensi.

Dukungan berbagai pihak dalam pengembangan sektor pariwisata sangat diharapkan.  Selain infratsruktur menuju lokasi wisata, jaringan telekomunikasi khususnya akses internet menjadi hal yang tak terpisahkan.    

Smartfren menjadi salah satu operator yang konsisten mendukung sektor pariwisata.  Di berbagai destinasi wisata, jaringan operator satu ini sudah teruji.  Sebagaimana yang sudah Tim Uji IndoTelko Group lihat dan rasakan  secara langsung.

Alun-alun dan Pecinan

Titik awal tujuan kami adalah Alun-alun Kota Magelang yang katanya pada malam hari menjadi salah satu destinasi wisata kuliner bagi masyarakat kota Magelang.

Tiba di lokasi ini, kita akan di hadapkan oleh kegagahan Patung Pangeran Diponegoro dengan posisi sedang menaiki kuda.  Titik ini kerap menjadi area wisatawan untuk ber selfie ria.  

Tidak jauh berbeda dengan tata kota alun-alun di sebagian besar daerah jawa bila melihat ke arah timur maka bisa melihat ada kantor pos besar, di sebelah barat terdapat kantor polisi, agak ke barat maka pelancong dapat menjumpai Masjid Agung Kota magelang lengkap dengan menara tinggi di dalam kompleks halamannya.

Selain itu ada juga menara air. Posisinya tepat di sebelah utara Masjid Agung Kota Magelang, berdiri megah menara air peninggalan Belanda. Dulunya menara air ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan air warga kota Magelang. Namun sejak tidak difungsikan lagi menara air menjadi ikon Kota Magelang dan cagar budaya yang sarat akan sejarah.

Sinyal Smartfren di kawasan ini sangat bisa diandalkan.  Hasil pengujian jaringan oleh tim IndoTelko Group menunjukkan angka kecepatan download yang signifikan.  Wajar saja kalau kami merekomendasikan wisatawan untuk menggunakan akses data Smartfren bila berkunjung ke Magelang khususnya daerah ini.  (Baca : Smartfren dukung destinasi wisata digital di Magelang)

Masih di kawasan alun-alun. Satu lagi destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi.  Adalah kawasa Pecinan.  

Kawasan ini merupakan kampung masyakarat keturunan Tionghoa dengan segala budaya yang ternyata menarik sebagai destinasi wisata.

Pecinan merupakan tempat perbelajaan bahkan sebagai denyut nadi ekonomi kota Magelang. Kawasan Pecinan merupakan peninggalan infrastruktur dari Kolonial Belanda yang masih berjalan hingga sekarang.

Di kawasan ini wisatawan bisa melihat deretan toko, ruko maupun warung yang menyediakan berbagai macam kebutuhan hidup masyarakat Magelang. Barang-barang yang dijual di Pecinan seperti sembako, perkakas rumah tangga dan lain sebagainya.  Juga sebagai pusat kuliner khas Magelang.  Sebut saja kupat tahu Magelang, gudeg jogja, masakan padang, masakan peranakan Cina dan lain-lain

Taman Kyai Langgeng

Taman ini adalah kawasan wisata yang cukup popular bagi masyarakat Magelang dan wisatawan luar Magelang yang berkunjung ke Magelang.  Nama Kyai Langgeng diambil dari nama seorang pejuang yang berperang saat Pangeran Diponegoro melawan Belanda.  Kyai Langgeng wafat dan beliau dimakamkan di kawasan Taman Kyai Langgeng ini dan sampai sekarang makam ini terjaga.

Berbagai wahana wisata bisa dinikmati wisatawan.  Ada wahana petualangan seperti flying fox, bioskop 6D, kereta mini, mobil keliling, wahana edukasi.  Selain itu juga ada wahana bermain dan belajar.  

Di sini pun Smartfren punya akses data yang sangat bisa diandalkan.  Ini fakta hasil uji yang kami lakukan.

Menuju Borobudur

Usai dari Taman Kyai Langgeng, kami langsung menuju kawasan wisata yang sudah mendunia.  Adalah Candi Borobudur.  

Candi ini berlokasi kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar abad ke-8 masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. 

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. 

Candi ini memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia.  Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Banyak spot-spot foto yang saying untuk dilewatkan oleh para wisatawan.  Apalagi koneksi dan akses internet di kawasan ini sangat bisa diandalkan khususnya sinyal Smartfren.  

Jaringan Smartfren di kawasan ini full 4G bahkan sebagian sudah tercover jaringan 4G Plus.  Baik kekuatan download maupun upload sangat bisa diandalkan.  Ini bukti bahwa Smartfren mendukung program destinasi digital yang digulirkan oleh pemerintah lewat kementerian pariwisata. (sg) 

Komentar
Photo
Wisata Ancol
25 Jan 2015 | ::
Saat ini, area rekreasi 552 hektar dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City, berisi hotel, cottage, pantai, taman, tempat pasar tradisional, sebuah ...
Back to top
Must Read
wisata jawa tengah, candi Borobudur, borobudur of temple, jawa tengah tourism, center of jawa tengah
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved