Wisata Karo

Wisata Sayur dan Buah Ala Brastagi

Ditulis 07 Jun 2015 | 10:34:56
Wisata Sayur dan Buah Ala Brastagi
Rumah Adat Brastagi (foto : dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Tentu Anda pernah bermain monopoli versi Indonesia, apakah kota di kotak terakhir dengan harga paling mahal yang jadi incaran semua pemain? Ya, jawabannya adalah Brastagi. Ada alasan kenapa Brastagi begitu dipuja di permainan itu, daerah ini dianugrahi alam yang begitu indah, udara yang sejuk, serta hasil bumi berupa markisa dan jeruk yang teramat manis.

Berastagi merupakan satu kota yang terletak di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara.  Kota yang sehari-hari bersuhu udara antara 17 hingga 19 derajat celcius ini terletak sekitar 10 km dari Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo, ke arah utara. Brastagi merupakan daerah yang sangat indah, daerah yang terletak di Sumatera Utara yang mempunyai ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut. Dari atas perbukitan kita dapat menikmati pemandangan yang hijau dan dapat melihat gunung berapi sinabung dan sibayak.

Tidak hanya itu, brastagi sangat terkenal akan sayur dan buah – buahnya, buah yang sangat terkenal disini adalah markisa. Markisa brastagi sangat terkenal sampai keseluruh Indonesia, dan banyak dibuat saripati sirup.

Daya Tarik

Manjakan mata Anda dengan pemandangan indah dari atas Bukit Gundaling, ditambah dengan udaranya yang dingin lagi segar. Bagi yang senang hiking Anda harus mencoba Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung yang tidak terlalu jauh dari Brastagi  yang mana Taman Nasional Tahura berada di kaki kedua gunung itu. Selain wisata alam, Anda juga dapat menikmati wisata kota, berupa pasar tradisional, arsitektur khas Batak Karo, Pasar Buah Brastagi, dan Museum Pusaka Karo, Berastagi.  

Di samping itu, Kota Berastagi juga terkenal dengan berbagai ragam tanaman hiasnya dan beberapa festival rutin yang digelar setiap tahunnya, seperti pesta bunga dan buah serta festival kebudayaan.

Transportasi

Untuk Mencapai Brastagi, Anda harus menuju ke Kota Medan terlebih dahulu. Sesampainya di Medan, terdapat beberapa alternatif akses bagi wisatawan untuk menuju Kota Berastagi dan semua tergantung dari mana Anda berangkat.

Pertama, Anda harus menuju ke terminal bus Padang Bulan. Dari situ, Anda bisa pilih bus jurusan Kota Kabanjahe atau yang menuju langsung ke Kota Berastagi dengan waktu tempuh selama kurang dari 2 jam perjalanan.

Selain bus umum dari terminal Padang Bulan, mini bus khusus pariwisata juga bisa menjadi pilihan sebagai pengantar dengan rute Medan – Berastagi / Danau Toba – Bukit Lawang. Mini bus ini biasanya banyak tersedia di hotel-hotel tempat para wisatawan menginap.

Akomodasi

Jika anda mencari Hotel Budget di Berastagi ada beberapa pilihan seperti Wisma Sibayak,Hotel Mexico, Berastagi Nachelle Homestay, Hotel Citiholiday Stoomvaart, Hotel Horison Berastagi, Serdika Pavilion Berastagi, dan Sibayak Homestay.

Kuliner

Tasak Telu, makanan tradisional Karo yang biasanya hanya bisa dinikmati untuk acara adat tertentu. Kini, Tasak Telu mulai menjadi menu khusus di warung nasi kawasan kota Brastagi dan Kabupaten Karo. Tasak Telu dalam bahasa Karo berarti masakan tiga jenis. Yakni ayam buras rebus dengan bumbu khusus, cepera atau kuah ayam yang dicampur jagung gongseng dan sambah getah yakni sambal khas Karo dari cabe rawit/kincong, jeruk nipis dan sedikit darah ayam. Warung makan Neo Cica di Simpang Raya, Kecamatan Berastagi adalah salah satu warung Tasak Telu yang cukup terkenal di kota Berastagi.

Bagi penggemar masakan dari daging babi harus mencoba lomok-lomok, daging babi yang dimasak dengan Darahnya dan rempah-rempah lainnya seperti kunyit, kemiri, Tuba (andaliman), santan dan bumbu-bumbu lainnya. Sepintas lomok-lomok mirip sanksang tetapi sanksang tidak memakai darah dalam campuran masakannya.

Selain itu, di Tanah Karo, ada masakan ayam yang sangat populer dengan nama cipera. Potongan ayam kampung – termasuk leher, sayap, kaki, hati-ampla – dimasak dengan tepung jagung sampai empuk dan berkuah kental. Tepung jagungnya harus dari bulir tua jagung Medan, agar menghasilkan kuah yang kental. Tepung jagung inilah yang sebenarnya disebut cipera. Kuah kental ini pedas karena memakai tuba dan sedikit asam karena memakai asam tikala dari buah honje.

Tips

Berhubung cuaca di Brastagi cukup dingin, selalu bawa baju yang lebih tebal.

Internet

Bagi Anda yang ingin mengakses internet dan selalu terhubung ke dunia maya untuk sekedar mengabadikan momen-momen selama berwisata di Brastagi, anda bisa menggunakan jaringan 3G Telkomsel.  Koneksi akses internet milik Telkomsel ini mampu mengcover kebutuhan akses data berkecepatan tinggi yang dibutuhkan oleh wisatawan khususnya pelanggan Telkomsel. 

Brastagi dalam Foto :

Brastagi, Dikenal Karena Sayur dan Buahnya

Komentar
Photo
Wisata Ancol
25 Jan 2015 | ::
Saat ini, area rekreasi 552 hektar dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City, berisi hotel, cottage, pantai, taman, tempat pasar tradisional, sebuah ...
Back to top
Must Read
Kuliner Brastagi, kuliner suku Karo
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved