Ada 200 desa jadi destinasi wisata di Garut

Ditulis 23 Okt 2019 | 07:49:28
Ada 200 desa jadi destinasi wisata di Garut
Desa Wisata (ilustrasi)

Garut (IndiTOURIST) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, siap mengembangkan 200 desa tersebar di sejumlah kecamatan untuk menjadi destinasi wisata menarik yang mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

"Kita memiliki potensi pertanian dan pariwisata yang nanti ada pengembangan 200 desa wisata sebagai tujuan wisata ke Garut," kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan minggu lalu.

Ia menuturkan, Kabupaten Garut memiliki potensi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi sehingga perlu mendapatkan perhatian pemerintah dalam pengembangannya.

Seperti 200 desa wisata di Garut, kata dia, memiliki beragam wisata yang menarik mulai dari wisata alam yang menyuguhkan keindahan, dan kesejukan alam maupun objek wisata buatan seperti kebun binatang di Cikembulan, Kecamatan Kadungora.

“Di desa wisata itu ada bermacam-macam wisata, ada wisata alam dan wisata buatan misalkan di Desa Cikembulan ada taman satwa," katanya.

Ia menyampaikan, bentuk perhatian pemerintah dalam mendukung pengembangan desa wisata yaitu memperbaiki infrastruktur jalan dan penunjang lainnya untuk kenyamanan wisatawan.

Anggaran yang siap direalisasikan, kata dia, salah satunya untuk desa wisata di Cikembulan akan mendapatkan perbaikan jalan dan lahan parkir kendaraan untuk wisatawan.

"Ada dana yang disiapkan Rp3 miliar agar jalannya bagus, anggarannya nanti 2020, kami juga akan mencoba membuat lahan parkir," katanya.

Sementara itu, desa wisata yang sudah cukup berkembang di Kabupaten Garut di antaranya wisata Desa Ciburial di Kecamatan Samarang, Desa Wisata Kampung My Darling di Kecamatan Cilawu dan sejumlah desa lainnya dengan potensi keunggulannya masing-masing. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved