Ada desa pariwisata basis durian dan padi

Ditulis 01 Jul 2019 | 08:12:11
Ada desa pariwisata basis durian dan padi
Durian (dok)

Painan (IndiTOURIST) - Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat melaksanakan pembangunan kawasan pedesaan berbasis padi dan durian yang terintegrasikan dengan pariwisata.

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan nilai tambah bagi tanaman padi dan durian yang ada di Batang Kapas," kata Camat setempat, Wendra Rovikto.

Sehingga ke depan tanaman padi dan durian tidak hanya memberikan nilai ekonomis pada saat dijual ke pedagang ketika memasuki masa panen namun juga bisa ditawarkan sebagai jasa pawisata, tambahnya.

"Paket wisata menunggu durian matang jatuh dari pohonnya sangat menarik, lomba menanam padi juga menarik. Kedepan pengemasannya akan diarahkan seperti itu," ungkapnya.

Ia mengemukakan pengintegrasian tersebut dilaksanakan setelah sebelumnya pihak kecamatan dan pihak terkait lainnya melakukan kajian seksama dengan memperhatikan potensi yang ada.

"Selang beberapa lama setelah kajian selesai, payung hukum pelaksanaan berupa peraturan bupati pun keluar sehingga kami semakin leluasanya melaksanakannya," kata dia.

Dalam pelaksanaanya sesuai dengan peraturan bupati itu, terbuka kesempatan masuknya anggaran baik yang bersumber dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan nagari bahkan juga pihak ketiga.

"Tahun ini kami masih dalam tahap pematangan jika semuanya berjalan sesuai rencana, tahun depan sudah bisa terealisasi," tambahnya.

Batang Kapas merupakan kecamatan yang bertetangga dengan Kecamatan IV Jurai yang merupakan pusat ibu kota kabupaten setempat.

Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata bahari yang memukau seperti Pantai Tan Sridano, Pantai Labuang Baruak, Pantai Taluak Kasai, Pantai Sungai Tawa dan lainnya.

Selain bisa diakses melalui jalur darat, wisatawan biasanya juga datang ke Pantai Labuang Baruak dan Pantai Taluak Kasai melewati jalur laut dengan menyewa kapal wisata di Pantai Carocok Painan. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved