Ada KA tambahan di Purwokerto saat mudik

Ditulis 14 Apr 2022 | 08:01:21
Ada KA tambahan di Purwokerto saat mudik

Purwokerto (IndiTOURIST) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, menyiapkan satu rangkaian KA tambahan pada masa arus mudik Lebaran 2022.

"Pada masa arus mudik, kami akan jalankan KA Kutojaya Utara Tambahan relasi Kutoarjo-Jakarta Kota pergi pulang (PP) pada tanggal 22-30 April 2022," kata Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi.

Menurut dia, tiket KA Kutojaya Utara Tambahan relasi Kutoarjo-Jakarta Kota PP sudah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access maupun kanal penjualan tiket eksternal yang telah ditunjuk.

Selain KA Kutojaya Utara Tambahan, wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto juga akan dilayani kereta api tambahan dari daerah operasi lainnya pada masa arus mudik Lebaran 2022.

"Salah satunya KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng PP yang akan dijalankan oleh PT KAI Daop 2 Bandung. Kalau dari Daop lainnya, sampai saat ini belum ada informasi," katanya.

Ia mengatakan pengoperasian KA tambahan tersebut melengkapi perjalanan KA penumpang reguler jarak jauh pada masa arus mudik Lebaran 2022.

Selama ini, wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto dilayani 74 perjalanan KA penumpang reguler jarak jauh, yakni 50 KA di lintas Prupuk-Purwokerto-Kroya-Kutoarjo (dari arah Jakarta tujuan Purwokerto/Yogyakarta/Surabaya dan sebaliknya) dan 24 KA di lintas Kroya-Banjar (dari arah Surabaya tujuan Bandung dan sebaliknya).

"Sebagian di antaranya merupakan keberangkatan dari Daop 5, seperti KA Sawunggalih Pagi dan KA Sawunggalih Malam relasi Kutoarjo-Pasar Senen PP, KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Jakarta Kota PP, KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo-Kiaracondong PP, KA Serayu Pagi dan KA Serayu Malam relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasar Senen PP, KA Logawa relasi Purwokerto-Jember PP, KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Ketapang PP, serta KA Purwojaya relasi Cilacap-Purwokerto-Gambir PP," kata Ayep.

Terkait dengan hal itu, dia mengingatkan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dengan menggunakan KA jarak jauh agar memerhatikan persyaratan yang telah diatur dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi COVID-19.

Dalam hal ini, calon penumpang KA jarak jauh yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (penguat/booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif skrining COVID-19, bagi calon penumpang yang baru mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen yang berlaku1x24 jam atau tes PCR yang berlaku 3x24 jam, sedangkan yang baru vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR 3x24 jam.

Sementara, bagi calon penumpang yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes PCR yang berlaku 3x24 jam, sedangkan calon penumpang berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen atau tes PCR, namun didampingi pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved