Akan ada kawasan ekonomi berbasis kuliner di pelabuhan

Ditulis 08 May 2018 | 07:21:54
Akan ada kawasan ekonomi berbasis kuliner di pelabuhan
Pelabuhan Merak (ilustrasi)

Kendari (IndiTOURIST) - PT (Persero) Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) menata kawasan pelabuhan untuk pemanfaatan ekonomi berbasis kuliner yang efisien.

Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara Hado Hasina mengatakan usaha kuliner di kawasan pelabuhan strategis untuk memberdayakan ekonomi masyarakat.

"Tidak ada pelabuhan di Indonesia, bahkan dunia yang sepi sehingga tepat adanya pendapat yang menyebutkan perputaran uang terbesar dalam kehidupan adalah kawasan pelabuhan. Bukan pasar moderen atau Perbankan yang elite," kata Hado.

Pelabuhan penyeberangan feri Labuan (Kabupaten Buton Utara) - Amolengo (Kabupaten Konawe Selatan} strategis karena menghubungkan beberapa daerah tujuan dan asal, yakni Konawe Selatan, Kota Kendari, Kota Bau Bau, Kabupaten Buton. Buton Tengah, Buton Selatan dan Wakatobi.

"Aktivitas menaikkan dan menurunkan penumpang di pelabuhan penyeberangan Amolengo - Labuan sekitar 700 orang setiap hari. Mobilisasi roda empat dan roda dua terus meningkat," tambahnya.

Pantauan di pelabuhan penyeberangan Labuan bahwa kegiatan penimbunan untuk terminal dan lokasi kuliner oleh pihak ketiga atau kontraktor sedang digenjot.

"Pelabuhan jangan hanya didefenisikan sebagai tempat menaikkan dan menurunkan barang dan penumpang tetapi pelabuhan mengembang fungsi lebih luas. Kalau kawasan pelabuhan sudah ditunjang dengan kuliner, pusat perbelanjaan, stasiun pompa besin dan pedagang buah maka ke depan pelabuhan akan diminati investor," kata Hado.

Komisi III DPRD Sultra Mardaming mengapresiasi inovasi kawasan pelabuhan untuk pengembangan ekonomi berbasis kuliner karena memberdayakan masyarakat.

"Pelaku kuliner warung sederhana, warung ikan bakar atau warung kopi adalah warga yang tinggal sekitar kawasan pelabuhan sehingga merasakan manfaat kehadiran pelabuhan," kata politisi Partai Hanura. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
wisata NTT, wisata pulau komodo, tour de Timor
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved