Akan diperkuat pemasaran sarhuta KSPN Borobudur oleh Kemenparekraf

Ditulis 18 Jan 2022 | 06:37:21
Akan diperkuat pemasaran sarhuta KSPN Borobudur oleh Kemenparekraf

Jakarta (IndiTOURIST) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan memperkuat pemasaran sarana hunian pariwisata (sarhunta) milik masyarakat seperti homestay (rumah tinggal) di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobodur, Magelang, Jawa Tengah.

“Upaya ini diharapkan dapat menambah daya tarik Destinasi Super Prioritas (DSP) Borobudur sehingga akan menarik lebih banyak wisatawan yang datang,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam keterangan yang diterima beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan dukungan berupa pengisian fasilitas sarana maupun prasarana sarhunta/homestay miliki masyarakat yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Secara total, terdapat 382 homestay yang telah dibangun Kementerian PUPUR di sekitar KSPN Borobudur.

"Saya bersyukur dipertemukan lagi dengan Pak Sahir (salah satu pemilik homestay), karena beberapa bulan lalu saat pelatihan di Balkondes Tuksongo (kawasan destinasi wisata), Pak Sahir mengungkapkan bahwa Sarhunta yang sudah baik dibangun Kementerian PUPR belum bisa beroperasi karena belum ada kelengkapan," kata Menparekraf.

Saat itu, katanya  pihaknya bergerak cepat untuk memenuhi kelengkapan fasilitas sarhunta sehingga kebutuhan tersebut telah terpenuhi bahkan lebih lengkap sesuai standardisasi wisatawan. Perlengkapan tersebut antara lain tempat tidur, kasus, TV, air hangat, lemari, dan peralatan salat.

Kemenparekraf juga akan memfasilitasi pemasaran sarhunta melalui pendekatan pemasaran online dan digitalisasi, bekerja sama dengan berbagai pihak, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia masyarakat dalam pengelolaan homestay, menyelenggarakan perhelatan seperti Borobudur Marathon, serta Olimpiade Matematika dan Fisika.

"Mudah-mudahan ini jadi kebangkitan ekonomi terbuka peluang usaha bagi masyarakat sehingga lapangan kerja terbuka dan penghasilan masyarakat terangkat lagi," kata Sandi. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
Kapal Yacht, Wisatawan Mancanegara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved