Alternatif selain Labuan Bajo, NTT sodorkan Pulau Sumba

Ditulis 20 Mar 2018 | 07:01:19
Alternatif selain Labuan Bajo, NTT sodorkan Pulau Sumba
Labuan Bajo (dok)

Kupang, (IndiTOURIST) - Sejak objek wisata Labuan Bajo, Pulau Flores, ditetapkan pemerintah sebagai satu dari 10 tujuan unggulan Nasional, daerah itu semakin menjadi magnet kuat yang mampu menarik arus wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berdatangan di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Daerah wisata yang terkenal sebagai satu-satunya habitat kehidupan satwa purba komodo (varanus komodensis) dan merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia (new 7 wonders) di Taman Nasional Komodo itu tak pernah sepi arus kunjungan wisatawan.

Tidak hanya itu, keindahan alam pulau-pulau kecil yang berjejer di wilayah barat Pulau Flores itu seperti Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Komodo, dan lainnya yang dihubungkan laut sebagai wisata baharinya semakin melengkapi pesona Labuan Bajo di mata dunia.

Tak bisa dipungkiri lagi, Labuan Bajo memang merupakan destinasi wisata yang berkelas dunia, bahkan digadang-gadang sebagai Bali-nya Nusa Tenggara Timur.

Namun, Nusa Tenggara Timur tidak hanya memiliki Labuan Bajo. Banyak daerah lainnya di provinsi yang memiliki 22 kabupaten/kota itu yang menyimpan harta karun tujuan wisata yang cantik dan unik-unik, baik alam, bahari, dan budaya.

Kepala Dinas Pariwisata NTT Marius Ardu Jelamu dengan tanpa ragu-ragu menyebut, satu dari berbagai macam keindahan wisata di provinsi berbasiskan kepualauan itu ada di Pulau Sumba.

"Pulau sumba ini menjadi harapan baru destinasi wisata unggulan milik NTT selain Labuan Bajo yang memang selama ini sudah terkenal karena brandingnya yang mendunia," katanya.

Ia menjelaskan, riset ilmiah yang dilakukan bersama perguruan tinggi di daerah setempat menunjukkan bahwa trend minat wisatawan domestik maupun asing sudah beralih ke Pulau Sumba, setelah tujuan utama ke Labuan Bajo.

Dalam riset yang kami lakukan dengan wawancara langsung bersama wisatawan di lokasi wisata ini kami mendapati kecenderungan minat wisatawan setelah mengunjungi Labuan Bajo yaitu memilih ke Pulau Sumba, menyusul pilihan mereka ke danau tiga warna Kelimutu di Ende, katanya. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Kapal Yacht, Wisatawan Mancanegara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved