Alumni Poltekpar terserap di sektor parekraf hingga 70 persen

Ditulis 18 Mar 2022 | 08:03:39
Alumni Poltekpar terserap di sektor parekraf hingga 70 persen

Jakarta (IndiTOURIST) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan sekitar 70 persen lulusan di enam Politeknik Pariwisata (Poltekpar) di lingkungan kementeriannya terserap menjadi tenaga kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Adapun 30 persen lainnya memulai usaha secara mandiri seperti di bidang hotel, restoran, cafe, IT, dan teknologi.

“Sekitar 30 persen ini ternyata bukan mencari kerja, tapi malah menciptakan lapangan kerja. Jadi ini yang terus akan kami tingkatkan,” ujarnya dalam Weekly Press Briefing yang dipantau secara virtual di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ke-6 poltekpar tersebut ialah Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Makassar, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok.

Saat ini, bidang makanan dan minuman (food and beverage), hospitality (keramahtamahan), kuliner, hotel, serta MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) disebut paling banyak diminati oleh lulusan poltekpar.

“Kami berharap bahwa poltekpar-poltekpar ini akan terus menjadi center of excellence (pusat keunggulan),” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf mengajak para pelajar untuk mendaftar di enam poltekpar yang sedang membuka seleksi mahasiswa baru hingga 27 Mei 2022.

Menurut Sandiaga, saat ini permasalahan yang tengah dihadapi ialah perihal penciptaan lapangan pekerjaan.

Karena memiliki rekam jejak yang sangat solid dalam memberikan peluang kerja kepada para mahasiswa, poltekpar dinilai dapat menjadi pilihan para pencari kerja.

“Jadi kalau cari kerja di Poltekpar aja,” ucap Menparekraf.

Ke depan, pihaknya akan melakukan roadshow ke seluruh Indonesia sebagai upaya mendorong para pelajar mendaftar di poltekpar.

“Banyak program-program menarik seperti program tentang hospitality maupun program-program perjalanan, program-program yang betul-betul membuka wawasan dan dengan semangat kita membangkitkan ekonomi,” ungkap Sandiaga. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
Kapal Yacht, Wisatawan Mancanegara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved