Kerajinan Yogya

Aneka Kerajinan Kulit Berkualitas Asal Manding

Ditulis 31 Dec 2014 | 22:02:49
Aneka Kerajinan Kulit Berkualitas Asal Manding
Pintu Gerbang Utama Pusat Kerajinan Manding
Sejarah Manding

Manding adalah sebuah kampung yang letaknya di Jalan Parangtritis KM 10.  Posisinya berada di sebelah timur 3 km dari kota Bantul.  Kalau kita menuju Pantai Parangtritis, tepat di KM 10, nampak gapura Kampung Manding yang berdiri kokoh di sebelah barat.

Industri ini mencapai puncak kejayaannya pada kisaran tahun 80-an yang mampu menyuplai kebutuhan pasar hingga Bali.  Kerajinan Manding menurun tajam saat krisis ekonomi menerjang Tanah Air.  Tapi tidak serta-merta bisnis ini surut.  Kualitas produk dan bahan baku menjadi kunci sukses bangkitnya industri kerajinan Manding. Para wisatawan yang berkunjung ke Parangtritis tidak lupa mampir ke kawasan ini untuk membeli buah tangan sebelum kembali pulang ke daerah asal.

Denyut nadi Manding terlihat saat Sabtu dan Minggu.  Bus-bus wisatawan terparkir  berderet di ruas jalan di Kampung Manding. Pemerintah memberikan fasilitas parker  yang cukup luas dan ATM berbagai Bank memudahkan para wisatawan untuk melakukan transaksi di tempat ini.

Produk Andalan

Secara kualitas, produk yang diproduksi Manding tak perlu diragukan. Tas, jaket, sepatu, sandal dan pernik pernik, asesoris berbagai hasil kerajinan sudah tersedia.   Bahan baku yang digunakan mayoritas dari kulit sapi dan masih diproduksi secara rumahan, seperti dalam proses pembuatan pola, menggunting, dan menjahit.  Pabrikan rumahan ini berada di sepanjang jalan raya Manding dan di belakang showroom-showroom yang menjadi toko sekaligus rumah. Di sini, kita tidak hanya membeli produk yang ada, tetapi juga bisa membeli sesuai dengan pesanan keinginan pembeli.

Lokasi dan Akses

Letaknya di Jalan Parangtritis KM 10.  Posisinya berada di sebelah timur 3 km dari kota Bantul.  Kalau kita menuju Pantai Parangtritis, tepat di KM 10, tengoklah kearah Barat.  Di sanalah Gapura pusat Industri dan kerajinan Manding berdiri.  Posisinya sebagai wilayah Desa Sabdodadi, Kecamatan Bantul.

Harga

Aneka kerajinan kulit dijual di sini. Mulai dari dompet, tas, sepatu, jaket, dan lainnya.  Masalah harga, tentu saja bersaing dan sangat terjangkau.  Rata-rata hampir di semua showroom menawarkan harga mulai dari 10 ribu hingga 1,5 juta rupiah.  Tergatung dari kualitas dan dominasi bahan kulit yang digunakan.

Dukungan Pihak Ketiga

Sentra industri seperti Manding ini masih sangat butuh dukungan dari pemerintah daerah atau pun dari pihak swasta.  Setidaknya dari sisi promosi, para pengrajin Manding ini sangat membutuhkannya.  Hal ini sangat berguna untuk menggiring wisatawan khususnya wisatawan mancanegara (Wisman) untuk berkunjung dan berbelanja di sentra industri ini.  Imbasnya tentu saja akan meningkatkan jumlah wisatawan yang datang, dan target yang dicanangkan pemerintah untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan bisa tercapai.

Komentar
Smartfren 2019
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Wisata Jakarta, Ancol Jakarta, Sea World, Dunia fantasi Jakarta
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved