AP I siap kelola Bandara Buleleng

Ditulis 04 Jan 2019 | 08:13:21
AP I siap kelola Bandara Buleleng
Wisata Bali (dok)

Kuta  (IndiTOURIST) - Bandara Buleleng di Bali Utara yang rencananya akan dibangun pada 2020 bakal dikelola PT Angkasa Pura I. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong PT Angkasa Pura I melakukan hal itu guna mendorong pemerataan pembangunan Bali Utara dan Selatan.

"Jadi lakukan dengan cermat. Kalau Bandara di Bali Utara bisa dilakukan maka pasti kinerja keuangan bertambah baik, pasti semangat juga lebih baik karena tantangan luar biasa untuk membangun banyak bandara," katanya.

 Menyikapi tawaran itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengaku siap mengelola bandara baru tersebut yang diharapkan memberikan pemerataan pembangunan Bali Utara dan Selatan. 

"Kami akan segera melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait. Jadi mungkin dalam waktu satu hingga dua minggu saya coba mendalami lebih lanjut," katanya ketika mendampingi Menhub ditemui di lokasi yang sama. 

Saat ini, pihaknya masih mengumpulkan data dan informasi terkait rencana pembangunan bandara di Bali Utara itu yang akan dikomunikasikan dengan pemerintah daerah di Bali. 

Data dan informasi itu meliputi gambaran detail rencana bandara, lahan, dan status lahan termasuk akses jalan menuju Bali Utara. 

"Studi Bank Dunia mensyaratkan kalau mau pengembangan (bandara) Bali Utara idealnya harus terkoneksi dengan (bandara) Ngurah Rai," ucapnya. 

Faik menilai bandara di Bali Utara memiliki prospek yang baik mengingat daerah itu memiliki potensi berkembang, termasuk untuk mengakomodasi kedatangan wisatawan yang tumbuh signifikan.

Apabila dikelola dalam satu manajemen yakni Angkasa Pura (AP) I, ia optimistis pengelolaan Bandara Buleleng itu bisa dijalankan lebih baik dan terkoneksi. "Yang penting akan ideal kalau itu dikelola oleh pengelola bandara yang sama, jadi kami bisa atur slotnya nanti," ucapnya. 

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Dirjen Perhubungan Udara dan Gubernur Bali Wayan Koster serta jajaran Pemkab Buleleng meninjau lokasi rencana pembangunan bandara Bali Utara, Minggu (30/12/2018).

 Dirjen Perhubungan Udara Polana Banguningsih Pramesti menjelaskan bandara Bali Utara itu rencananya akan dibangun di Kubutambahan seluas sekitar 400 hektare. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved