Banda Neira Lebih Indah

Asiknya Menyelam di Banda Neira

Ditulis 04 Jan 2015 | 22:34:14
Asiknya Menyelam di Banda Neira
Keindahan Neira dari pinggir pantai
Latar Belakang dan Sejarah

Banda Neira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda, Maluku, yang telah menjadi saksi dari sejarah kolonialisme di Indonesia. Banda Neira pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli dunia, karena Kep. Banda adalah satu-satunya sumber rempah-rempah yang sangat bernilai tinggi itu hingga pertengahan abad ke-19. Kota modernnya didirikan oleh anggota VOC, yang membantai penduduk Banda untuk mendapatkan palanya pada tahun 1621.

Saat ini, Banda Neira terkenal akan keindahan alamnya dan penduduknya yang ramah sehingga menjadi salah satu destinasi  wisata terpopuler di timur Indonesia.

Daya Tarik

Benteng Belgica merupakan benteng VOC yang dibangun di atas sebuah bukit . Anda bisa melihat pemandangan indah di sekelilingnya saat berdiri di benteng yang dibangun pada tahun 1611 di bawah pimpinan Gubernur Jenderal Pieter Bot. Karena posisinya yang strategis, sehingga dari sini Anda bisa melihat ke segala penjuru pulau.

VOC juga mendirikan bangunan bernama Istana Mini Neira. Istana tersebut berfungsi sebagai tempat tinggal Gubernur VOC. Istana ini dibangun setahun sebelum pembangunan Istana Merdeka di Batavia atau Jakarta. Di depannya terhampar pantai biru yang jernih dan Pulau Banda Besar. Di sekitar Istana Mini dibangun rumah-rumah berukuran besar sebagai tempat tinggal dari petinggi orang Eropa yang datang ke Banda.

Jika ingin mempelajari sejarah Banda, di Rumah Budaya terdapat berbagai catatan sejarah. Barang-barang peninggalan VOC berupa berbagai jenis meriam, serta beberapa lukisan mengenai situasi pada zaman tersebut.

Tidak hanya jejak sejarah Banda Neira yang mengagumkan, perairannya menyimpan kekayaan biota laut yang mempesona. Terdapat 22 lokasi menyelam di perairan Banda Neira, di antaranya Tanjung Barat Pulau Pisang, Selamo Village (Pulau Banda Besar), Tanjung Burang (Pulau Banda Besar), Batu Kapal, Mandarin City (Jetty Reef), dan Pasir Putih (Lighthouse Pulau Neira).

Transportasi

Dari Ambon, Anda masih harus menggunakan pesawat lagi untuk mencapai Banda Neira. Alternatif lainnya adalah dengan menyeberangi Laut Banda dengan kapal feri dari Ambon.

Akomodasi

Untuk akomodasi di Banda Neira, wisatawan dapat memilih untuk menginap di hotel atau di Guest House, Homestay yang ada seperti The Maulana Hotel, Mutiara Guest House, Vita Guest House, Delfika, dan Pondok Wisata Matahari.

Kuliner

Ikan kuah pala khas banda yang pedas dan asam adalah kuliner yang wajib Anda coba saat berkunjung kesini. Biasanya masakan ini menggunakan ikan kakap merah dan disajikan dengan urap daun pepaya juga sambal Bekasang.

Tips

Secara umum, suasana Kota Banda Neira terbilang sepi. Banda Neira mulai ramai ketika kapal Pelni berlabuh.

Banda Neira dalam foto :

http://www.indowisata.co/photo/asiknya-menyelam-di-banda-neira.html

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Wisata Ambon, Ambon Manise, Wisata Maluku, Wisata Maluku Utara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved