Bakal ada tol Medan-Danau Toba

Ditulis 23 Jun 2020 | 08:31:22
Bakal ada tol Medan-Danau Toba
Danau Toba (ilustrasi)

Jakarta (IndiTOURIST) - PT Hutama Karya (Persero) tengah membangun Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat untuk mempermudah akses dari Medan ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara, dalam rangka meningkatkan konektivitas di Sumatera.

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) Wikumurti mengatakan bahwa jalan tol ini akan terdiri dari enam seksi yakni seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km, seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung sepanjang 18,05 km, seksi 3 Tebing Tinggi-Sarbelawan sepanjang 30 km, seksi 4 Sarbelawan-Pematang Siantar sepanjang 28 km, seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok sepanjang 22,3 km dan seksi 6 Seribudolok-Parapat sepanjang 16,7 km, serta terdapat Junction Tebing Tinggi sepanjang sepanjang 7,9 km.

“Jalan yang akan dilengkapi dengan 7 (tujuh) buah Simpang Susun (SS) ini mendapatkan dukungan pembiayaan pemerintah guna meningkatkan tingkat kelayakan investasinya,” kata Wikumurti dalam keterangan tertulisnya.

Dukungan tersebut berupa pembangunan sebagian konstruksi jalan tol pada seksi 5 dan 6. Hingga hari ini Rabu (17/6) progres kedua seksi tersebut masih dalam tahap pembebasan lahan.

Sementara itu Hamawas mengerjakan konstruksi pada seksi 1-4. Adapun progres konstruksi seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura telah mencapai 67 persen, seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung mencapai 36 persen, seksi 3 Tebing Tinggi-Sarbelawan mencapai 41 persen dan seksi 4 Sarbelawan-Pematang Siantar mencapai 26 persen. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
menpar arief yahya, menteri pariwisata, arief yahya, kunjungan wisman, target wisman, TIK dan pariwisata
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved