Dampak Positif Sail Sabang, Pantainya Makin Mendunia

Ditulis 12 Dec 2017 | 07:39:31
Dampak Positif Sail Sabang, Pantainya Makin Mendunia
Pantai Iboih dari udara (foto : Tono/IndiTOURIST)

Jakarta (IndiTOURIST) – Lewat perhelatan Sail Sabang, wisat dan keindahan pantai Aceh makin mendunia.  Event rutin tahunan di kota Sabang memang sudah berlalu.  Namun “aroma” keindahan pantai-pantai di Pulau Weh ini belum juga hilang dari ingatan para wisatawan khususnya wisatawan mancanagera.

Pulau Weh kini menjadi salah satu itinerary wajib para wisatawan untuk  traveling.  Berbagai kegiatan bisa dilakukan di pulau yang tergolong kecil ini.  Titik-titik untuk menikmati keindahan bawah laut pun tersebar dan wisatawan tinggal pilih.  Pun akomodasi dan penginapan mulai dari kelas bawah hingga kelas mewah pun ada.

"Aceh punya semuanya. Melalui Sail Sabang, semua potensi itu diangkat. Dipromosikan," ungkap Gubernur Aceh Irwandi Yusuf beberapa waktu lalu.

Irwandi tak asal bicara.  Saat menggelar freediving competition, nama Aceh langsung viral. Dari dunia nyata hingga dunia maya, semua kompak membicarakan kedahsyatan spot diving Aceh. Atlet dunia pun ikut mengakuinya.

Sebut saja Atlet freediving pemegang rekor dunia asal Selandia Baru , Wiiliam Trubridge.  Ia begitu terpesona dengan Teluk Balongan, lokasi digelarnya 'Sail Sabang Freediving Competition 2017.    "Ombaknya cukup baik, kejernihan airnya juga bagus. Semua kondisi itu sangat menyenangkan buat kami para freedivers," ujar pemecah rekor dunia untuk kategori Free Immersion dan Constant Weight Without Fins tahun 2013 ini.

Punya kedalaman lebih dari 130 meter di tengah arus laut yang bersahabat, pantai di Sabang ini akan menjadi incaran para pecinta dan atlet freediving. "Sabang memang punya spot terbaik di dunia. Kalau ingin memecahkan rekor dunia di sinlah tempatnya," ujar Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh Ramadhani pada event ini beberapa waktu lalu.

Sedikitnya ada 30 titik diving terbaik yang ada di Sabang.  Sebut saja Batee Tokong, daratan dalam laut yang memanjang ke permukaan dan membentuk terbing setinggi 25 meter. Di sinilah lokasi favorit kawanan hiu dan lokasi favorit para pecinta diving.

Pun Pantee Peunateung.  Dimana terdapat rumah bagi terumbu karang sedalam 30 meter.  Keindahannya bak akuarium hidup.  Selain itu ada juga Arus Balee.  Posisinya berada di tengah-tengah dua pulau kecil, yakni Pulau Rubia dan Seulako.  Benar-benar pesona alam yang saying untuk di lewatkan.

Masih terasa kurang dengan  spot-spot tersebut.  Jangan khawatir, masih belum habis spot-spot yang tersedia di laut Sabang ini.  Ada Batee Gla, Limbo Gapang, Sophie Rickmers, dan Sumur Tiga.  Keempat titik ini juga punya eksotisme yang saying bila dilewatkan begitu saja.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun tak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Ia makin bersemangat lantaran semua lini bergerak membantu pariwisata. Sebagai daerah paling barat Indonesia, Aceh dinilai menyimpan banyak potensi.  Setidaknya Aceh butuh banyak pemikiran-pemikiran kreatif untuk dapat mengembangkannya melalui berbagai kegiatan. Termasuk di dalamnya memasukkan nilai komersial.

Ditegaskan Arief, semua lini bergerak serentak untuk wisata Aceh.  "Ini namanya Indonesia Incorporated. Semua lini bergerak memajukan wisata selam di Aceh. Kalau semuanya kompak bersatu memajukan pariwisata, kita akan 'Bigger-Broader-Better together'. Jika kita maju serentak dan solid, maka kemenangan demi kemenangan bisa kita wujudkan," tegas mantan dirut Telkom ini.  (sg)

Keindahan Pantai Aceh : 

 

Komentar
Smartfren 2019
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Kuliner Brastagi, kuliner suku Karo
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved