Danau Dendam Tak Sudah

Ditulis 21 Jun 2015 | 10:15:10
Danau Dendam Tak Sudah
Keindahan Danau (foto : dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Jika ada penghargaan nama danau terunik di Indonesia, maka Danau Dendam Tak Sudah bisa menerima piala atau minimal nominasi utama. Danau ini terletak di Kota Curup, Bengkulu Utara, sekitar 6 km dari pusat kota Bengkulu. Danau ini merupakan bagian dari cagar alam Dendam Tak Sudah dengan luas wilayah 37,50 hektar dan dikelilingi bukit-bukit hijau nan indah. Cagar alam ini sudah beberapa kali mengalami perluasan area. Perluasan pertama kali dilakukan pada 1936 di mana saat itu Pemerintah Hindia Belanda menetapkan tempat tersebut sebagai cagar alam yang memiliki luas total 11,5 hektar. Tahun 1979, cagar alam ini diperluas lagi hingga 430 hektar. Sampai tahun 1999, kawasan ini memiliki luas hingga 577 hektar.

Danau Dendam Tak Sudah didapat dari folklore setempat mengenai sepasang kekasih yang cintanya dilarang oleh kedua orangtua mereka. Akhirnya pasangan ini memutuskan untuk bunuh diri dengan melompat ke danau. Sedangkan ada sumber lain yang mengatakan pada jaman kolonial, Belanda berniat mendirikan dam untuk mengatur aliran danau. Namun proyek pembangunan tersendat sehingga dijuluki ‘dam tak sudah’.

Di kawasan cagar alam ini juga terdapat tanaman anggrek pensil, anggrek matahari, bakung, nipah, pulai, ambacang rawa, terentang, plawi, brosong, gelam, pakis, dan sikeduduk. Anggrek pensil diyakini hanya tumbuh di kawasan ini. Selain floranya, ditempat ini juga terdapat fauna langka. Anda bisa menemukan lutung dan kera ekor panjang yang bergelantungan di pepohonan.

Daya Tarik

Dengan danau yang indah dan perbukitan hijau nan asri, Danau Dendam Tak Sudah adalah tempat yang pas untuk mendamaikan pikiran Anda. Saat pagi datang, Anda bisa menikmati matahari terbit dan pemandangan cantik permukaan danau yang berwarna kemerahan tertimpa cahaya matahari. Anda bisa menikmati kesejukan udara, keasrian danau serta lingkungan cagar alam. Daerah ini juga merupakan potensi bagi wisatawan minat khusus untuk melakukan pendidikan dan penelitian.

Danau menjadi tempat tinggal berbagai jenis ikan. Anda bisa menyewa perahu atau rakit untuk memancing di tengah danau. Jika memancing bukanlah hobi Anda, berkeliling danau dengan perahu. Anda juga bisa melihat beberapa jenis ikan-ikan langka yang di lindungi disini, contohnya i ikan dari famili Anabantidae ( Trichogaster trihopterus ), lalu ada juga yang berasal dari famili Bagridae ( Mystus sp ), dan ikan dari famili Cyprinidae ( Mystacoleucus marginatus ) dan ( Rasbora sumatranus ).

Transportasi

Untuk menuju Danau Dendam Tak Sudah memerlukan waktu kurang lebih 10 menit. Anda bisa naik bus yang mengarah ke kota curup dari terminal Panorama yang berada di pusat kota, dari sana anda akan berhenti jika sudah sampai di jalan Kapten Pierre Tendean. Biaya bis berkisar Rp. 2000 sekali jalan. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau taksi.

Akomodasi

Anda tidak akan kesulitan mencari penginapan karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Ada beberapa hotel yang dekat dengan lokasi danau seperti hotel Horizon, hotel Raffles City, hotel Dena, Hotel Rio Asri, serta Hotel Grage Horizon.

Kuliner

Tepi danau dapat Anda jumpai warung makan atau pondok-pondok yang menjajakan beberapa jenis makanan seperti jagung bakar, kelapa muda serta hidangan ikan air tawar. Anda juga bisa temukan kue ringan khas Bengkulu seperti perut punai, lempuk dan kue tat.

Tips

Walau udara perbukitannya sejuk, namun matahari cukup menyengat khususnya di siang hari. Pastikan untuk memakai topi atau tabir surya.

Komentar
Liputan khusus Pesona Indonesia destinasi digital
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Ini Tips berburu tiket mural di Travel fair
15 Apr 2018 | 08:29:22
Meski ada banyak pameran wisata yang diselenggarakan, namun masih banyak traveler yang gagal untuk mendapatkan tiket murah di helatan itu.
Mau naik kapal pesiar, Ini tipsnya 10 Mar 2018 | 08:03:22
Back to top
Must Read
Wisata Bengkulu, Pulau Tikus
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved