Danau Kaco

Danau Kaco, Bak Kristal Berair Sangat Jernih

Ditulis 18 Jan 2015 | 00:06:31
Danau Kaco, Bak Kristal Berair Sangat Jernih
Nampak Keindahan Danau Kaco
Latar Belakang dan Sejarah

Kerinci, wilayah paling barat dari Provinsi Jambi telah lama dinamakan Bumi Segepal Tanah Surga yang tercampak ke bumi. Nama tersebut bukanlah tanpa alasan, Kabupaten ini diberkahi kekayaan alam yang tidak hanya indah namun juga unik dan eksotis.

Satu di antara keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Kerinci adalah Danau Kaco, yang terletak dalam Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Danau yang memiliki luas sekitar 30 x 30 meter ini memiliki kedalaman yang masih menjadi misteri. Meskipun memiliki kedalaman air yang tidak terukur, namun dasar Danau Kaco bisa terlihat secara jelas. Ini karena warna air yang bening dan jernih serta tempat ribuan ikan semah berkembang biak.

Danau ini terkenal juga dengan sebutan danau kristal karena airnya amat bersih dan bening. Karena keunikannya, maka Unesco memasukkannya sebagai salah satu dalam koleksi warisan dunia.

Mitos lahirnya Danau Kaco ini bermula hadirnya sebuah cerita seorang putri cantik yang ingin dipinang oleh banyak pemuda. Mereka menitipkan bebatuan mulia pada Raja Gagak, ayah sang putri. Namun,  keserakahan justru membuat Raja Gagak menodai putrinya sendiri. Setelah itu, putrinya pun dibenamkan ke dalam danau beserta harta pinangan tersebut.

Daya Tarik

Danau Kaco adalah tempat yang pas jika Anda ingin berkemah. Saat malam bulan purnama danau akan mengeluarkan cahaya yang sangat terang, sampai-sampai mereka yang berkemah tidak perlu lagi menggunakan penerangan buatan.

Selama menyusuri hutan untuk menyaksikan danau indah ini maka suara serangga dan burung, kupu-kupu ikut menemaninya, tak ketinggalan hutan bambu ikut meramaikannya. Bila melihat buah merah makanlah selagi segar karena merupakan buah keruduk yang memiliki rasa mirip jambu air.

Transportasi

Untuk bisa sampai ke Danau Kaco, Danau Kaco dapat dicapai melalui jalur darat dimulai dari Kota jambi ke Kota Sungai Penuh. Lalu pengunjung harus berjalan kaki selama empat jam dari Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, melintasi kawasan TNKS. Kendaraan hanya bisa masuk sampai ke Benteng Depati Parbo.

Akomodasi

Hotel atau penginapan terdekat adanya di Kota Sungai Penuh, Htel Jaya Wisata dan Hotel Kerinci dapat dijadikan pilihan untuk bermalam. Kebanyakan pengunjung memilih menginap di area perkemahan yang ada di sekitar danau.

Kuliner

Gulai ikan semah khas Kerinci harus Anda coba saat berkunjung kesini. Ikan semah memiliki tekstur daging yang padat dan lezat. Ikan ini diolah dengan racikan bumbu-bumbu segar yang dibuat saat itu juga. Uniknya, Anda juga bisa memakan sisik ikan semah ini. Teksturnya mirip tulang muda pada ayam.

Sulitnya mendapatkan ikan semah, didukung rasanya yang gurih membuat ikan semah memiliki harga yang sangat tinggi. Sekilo ikan semah bisa dibandrol harga Rp 180 ribu.

Tips

Sebelum memasuki kawasan Danau Kaco, jangan lupa meminta izin terlebih dahulu pada orang adat setempat. Menurut pengakuan orang adat, kawasan Danau Kaco merupakan wilayah mereka.

Konon, bagi pemancing yang ingin memancing di Danau Kaco, mereka harus memiliki niat yang baik. Jika tidak, maka orang itu tidak akan mendapat ikan. Selain itu, jumlah tangkapan juga tergantung pada niat pemancing.

 

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
Kapal Yacht, Wisatawan Mancanegara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved