Wisata Sungai

Danau Limboto, Muara Lima Sungai

Ditulis 10 Feb 2015 | 12:05:40
Danau Limboto, Muara Lima Sungai
Sisi lain danau (Foto : dok)

Danau seluas 3.000 hektar ini tidak hanya memiliki fungsi penting sebagai resapan air, namun juga sebagai tujuan wisata dengan folklore yang menarik.

 

Latar Belakang dan Sejarah

Di kecamatan Limboto, provinsi Gorontalo terdapat sebuah danau dengan nama yang sama. Danau ini merupakan muara dari Sungai Molalahu, Sungai Daenaa, Sungai Alo, Sungai Bionga, dan Sungai Bone Bolango. Danau seluas 3.000 hektar ini tidak hanya memiliki fungsi penting sebagai resapan air, namun juga sebagai tujuan wisata dengan folklore yang menarik.

Danau ini dulunya bernama Bulalo Lo Limu O Tutu yang artinya jeruk dari khayangan. Menurut cerita setempat, dahulu kala seorang bidadari yang kehilangan sayapnya membuat daerah ini menjadi danau. Kemunculan danau tersebut ditandai dengan kemunculan 6 buah jeruk yang mengambang diatas air, padahal daerah ini tidak memiliki pohon jeruk.

Danau Limboto dari tahun ke tahun luas dan tingkat kedalamannya terus berkurang. Belasan tahun yang lalu Danau ini memiliki kedalaman sampai 27 meter. Sekarang ini kedalaman Danau Limboto hanya sekitar 8 meter. Kedalaman yang hanya beberapa meter saja ini menyebabkan danau tersebut tidak seperti danau-danau biasanya yang mempunyai bentuk alami.

Daya Tarik

Danau Limboto diberkahi hamparan bunga teratai, eceng gondok, dan gelagah yang menjadikan danau ini seperti kolam raksasa yang sangat cantik. Pada pagi hari dan menjelang sore hari, pemandangan yang dihasilkan dari matahari yang terbit maupun tenggelam di Danau Limboto sangat indah.

Bagi Anda yang senang memancing, Danau Limboto memiliki ikan-ikan air tawar seperti nila, mujair, dan gabus yang siap dipancing. Anda dapat membawa hasil tangkapan ke warung-warung makan terdekat yang bersedia mengolah hasil tangkapan Anda. Atau jika memancing bukanlah hobi Anda, Anda bisa mengarungi danau dengan perahu sewaan.

Transportasi

danau ini dekat dengan Kota Gorontalo dan juga hanya berjarak sekitar 16 km dari bandara Jalaluddin. Anda dapat menggunakan transportasi umum seperti taksi atau menggunakan jasa penyewaan mobil di bandara.

Akomodasi

Karena jaraknya yang dekat dengan Gorontalo, kota ini dapat dijadikan tempat pilihan Anda untuk bermalam. Quality Hotel Gorontalo merupakan salah satu rekomendasi kami.

Kuliner

Danau Limboto memiliki banyak ikan air tawar yang siap untuk disantap. Anda bisa memilih ikan untuk digoreng atau dibakar kemudian disajikan dengan sambal dabu-dabu di warung-warung makan.

Tips

Terdapat persewaan perahu yang bisa Anda gunakan untuk mengelilingi danau dari Kampung Kayudurian.

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved