Wisata Rejang Lebong

Danau Mas Harun Bestari

Ditulis 04 Mar 2015 | 11:30:21
Danau Mas Harun Bestari
Pemandangan Danau Dari Udara (foto : dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Terletak di Kabupaten Rejang Lebong (RL), Provinsi Bengkulu terdapat sebuah danau nan asri bernama Danau Mas Harun Bestari. Danau yang dikelilingi oleh bukit-bukit kecil ini adanya tidak jauh dari Gunung Kaba. Perbukitan di daerah ini menjadi pemasok sayur-mayur di Bengkulu, lagi ia adalah produsen kopi Bengkulu yang masyur itu.

Danau yang memiliki luas 3.600 Ha ini telah lama menjadi tempat bersantai-santai warga Kota Curup (ibu kota Kabupaten Rejang Lebong) yang letaknya tidak jauh dari sini. Di tengah danau terdapat pulau unik dengan bentuk huruf ‘C’ yang konon melambangkan Curup. Pemerintah sudah menyediakan berbagai fasilitas seperti tempat parkir, Musholla dan WC Umum di tempat wisata ini.

Awalnya pada tahun empat puluhan danau ini dikenal dengan nama  Danau Kasnah. Sekitar tahun 1960 sampai dengan tahun 1965, pada saat Bengkulu masih bagian Sumatera Selatan wilayah ini diambil alih penguasaannya oleh Panglima Daerah Militer Sriwijaya bernama Harun Sohar. Pada waktu itu juga Gubernurnya bernama Bastari. Untuk mengefektifkan aktifitas teroterial di lokasi danau, didirikan Pos Garuda Emas ( Gamas ). Akhirnya semua nama ini disatukan menjadi nama yang dikenal sekarang

Daya Tarik

Wisatawan yang datang akan disuguhi panorama alam Danau Mas Harun Bestari yang cantik. Pepohonan yang ada disekeliling danau sangat cocok jika Anda ingin bercengkrama dengan keluarga atau sekedar mencari inspirasi dengan meresapi keindahan panorama danau dari café kecil di pinggiran danau.

Di danau tersedia Perahu-perahu dan sepeda air untuk Anda ‘jalan-jalan’ diatas danau. Selain itu ada lapangan bermain anak dengan ayunan, rumah balon, kolam bola dan komedi putar.

Bagi Anda yang doyan memancing, danau ini dipenuhi ikan air tawar yang siap dibawa pulang. Anda juga dapat memetik strawberry langsung dari kebun yang berada tak jauh dari danau.

Transportasi

 Dari kota Bengkulu Anda bisa menyewa mobil travel langsung ke area danau dengan harga mulai dari Rp. 40,000. Jika menggunakan mobil pribadi, letaknya kira-kira berada 17 km dari pusat Kota Curup dan berada di pinggir jalan raya antara Kota Curup dengan Kota Lubuk Linggau.

Akomodasi

Disekitar danau tersedia vila berbentuk rumah dan home stay yang disewakan untuk umum. Di kota Curup, 2 jam dari area danau, tersedia berbagai hotel yang dapat disesuaikan dengan budget Anda.

Kuliner

Saat mengunjungi Danau Mas Harun Bestari anda harus mencicipi masakan daerah ini yang bernama Lema. Makanan ini menggunakan adonan fermentasi rebung (bambu muda) yang dicincang serta dicampur dengan ikan tawar (ikan mujair, ikan putih, ikan mas, atau ikan gabus). Rasanya asam gurih dengan aroma yang cukup kuat, mirip-mirip tempoyak.

Tips

Suhu di daerah ini cukup dingin, jangan lupa untuk memakai pakaian hangat.

Perjalanan darat yang cukup lama dari Bengkulu, 2 jam belum termasuk macet, mungkin bisa membuat anak anda rewel. Simak tips kami untuk menyiasatinya.

Komentar
Liputan khusus Pesona Indonesia destinasi digital
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Ini Tips berburu tiket mural di Travel fair
15 Apr 2018 | 08:29:22
Meski ada banyak pameran wisata yang diselenggarakan, namun masih banyak traveler yang gagal untuk mendapatkan tiket murah di helatan itu.
Mau naik kapal pesiar, Ini tipsnya 10 Mar 2018 | 08:03:22
Back to top
Must Read
Wisata Bengkulu, Pulau Tikus
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved