Dawet Gempol, Segar diseruput di siang hari

Ditulis 28 May 2019 | 09:19:33
Dawet Gempol, Segar diseruput di siang hari
Dawet Gempol (dok)

PONOROGO (IndoTelko) - Minuman khas ini sangat cocok pada saat siang hari atau untuk melengkapi berbuka puasa.  Penambah nikmatnya,  di dalam minuman dawet gempol tersaji topping atau bisa disebut cendol yang terbuat dari aren pati.

Bagi anda yang berkunjung ke Ponorogo, sempatkan mampir dan menikmati segarnya dawet gempol.  Tak hanya gempol dari tepung beras, juga ketan hitam.  Dengan perpaduan bumbu santan, garam dan gula merah membuat minuman ini begitu mengoda.

Berbagai kios es dawet gempol bisa di temui di kawasan Jabung, Ponorogo.  Minuman ini ternyata merupakan minuman khas Ponorogo warisan nenek moyang, sebagai minuman pelengkap saat acara mantenan.

Penyajian

Penyajian es dawet ini sangat unik.  Penyajiannya dengan cara mangkok dialasi lepek supaya lebih sopan, disodorkan ke pembeli.  Pembeli mestinya hanya mengambil mangkoknya saja, tidak berikut alasnya.  Namun tak sedikit, pembeli yang mengira jika saat disodorkan lepek dan mangkok, lepeknya ikut terambil. 

Setidaknya, di di Desa Jabung ada 24 warung yang setiap hari berjualan es dawet.  Jumlah tersebut akan bertambah bila masuk musim libur lebaran. 

Harga untuk mendapatkan dawet gempol ini sangat murah dan terjangkau.  Pembeli cukup merogoh kocek sebesar Rp 2500 saja bisa langsung menyeruput es dawet gempol.

Akses internet di kawasan ini pun cukup baik.  Mengapa akses data seluler di sini menjadi hal yang sangat penting?  Tentu saja karena para pengunjung khususnya wisatawan dari luar kota dan mancanegara bisa langsung mempublish kegiatan dan aktifitasnya di kedai dawet yang sangat melegenda ini.  Karenanya kekuatan akses data milik operator penyedia jaringan dituntut maksimal dan baik.

Sambil menyeruput es dawet gempol, tim uji jaringan IndoTelko dan IndiTOURIST group melakukan pengujian dan pengukuran akses data lima opeator.  Indikator sinyal di kawasan ini menunjukkan lima operator sudah menebar jaringan 4G nya meski dengan beragam indikator sinyal.  Ada yang full bar dan ada pula yang hanya setengah indikator barnya dari 5 bar yang ada

Di kawasan Jabung ini kami mendapati kinerja akses data kelima operator cukup baik. Kekuatan unduh kelimanya di atas 5 Mbps bahkan di angka maksimal 41,1 Mbps.  Telkomsel menjadi yang tercepat dengan kekuatan unduh 41,1 Mbps, upload 21,36 Mbps, ping 31 ms, Tri download 22,2 Mbps, upload 12,3 Mbps, ping 34 ms, Smartfren download 16 Mbps, upload 2,86 Mbps, ping 56 ms, Indosat download 13,7 Mbps, upload 5,62 Mbps, ping 59 ms, serta XL download 5,45 Mbps, upload 3,6 Mbps, ping 49 ms.

Melihat kekuatan akses data lima operator di sini, lengkap sudah kuliner es dawet gempol.  Ambil mangkoknya, dokumentasikan, seruput dan nikmati kesegarannya, lalu upload ke sosial media.  (sg)

Proses uji jaringan dalam video

 

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
wisata NTT, wisata pulau komodo, tour de Timor
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved