Delegasi IMF lebih dominan berwisata di Bali

Ditulis 16 Okt 2018 | 07:09:21
Delegasi IMF lebih dominan berwisata di Bali
Tari Kecak (dok)

Nusa Dua (IndiTOURIST) - Menteri Pariwisata Arief Yahya memperkirakan waktu yang tidak banyak membuat sebagian besar delegasi Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (WB) memilih paket wisata di Bali, yang didominasi oleh delegasi Amerika Serikat.  "Selain Amerika Serikat disusul Australia, Inggris dan China," katanya di Nusa Dua minggu lalu.

Menurut Arief, total ada sekitar 2.565 paket kunjungan wisata yang dipilih sejumlah delegasi, hampir 93 persen di antaranya berada di Pulau Dewata.

Waktu yang tidak banyak, kata dia, diperkirakan menjadi penyebab sebagian besar para delegasi memilih destinasi wisata yang berada di Bali, dibandingkan kota atau provinisi lainnya di Indonesia.

"Memang begitu, biasanya dimana kegiatan diadakan, di sana paling besar jumlah kunjungannya," katanya.

Hampir 80 persen, kata dia, paket wisata yang dikunjungi para delegasi itu rata-rata hanya tur satu hari, itu pun dilakukan sehari sebelum dan sehari setelah pertemuan akbar itu.

Menpar optimistis sekitar 20 persen delegasi yang hadir dalam kegiatan konferensi atau MICE akan kembali ke Bali sebagai wisatawan.

Sedangkan 60 persen potensi bagi wisatawan kembali mengunjungi sebuah destinasi, kata dia, yakni untuk wisata olahraga seperti kegiatan triathlon apabila aktif dilaksanakan setiap tahun.

Wisata MICE, kata dia, mendatangkan kualitas wisatawan yang lebih besar jika dihitung dari lama kunjungan yang rata-data di atas 10 hari dengan pengeluaran mencapai di atas 2.500 dolar AS untuk sekali kunjungan.

Pemerintah sebelumnya menawarkan 63 paket wisata di tujuh destinasi di Indonesia kepada para delegasi, 33 destinasi di antaranya berada di Bali.

Pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia dihadiri sekitar 34 ribu peserta dari 189 negara.  Mereka di antaranya menteri keuangan, gubernur bank sentral, pelaku usaha, akademisi dan media. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved