Desa Wisata Arborek

Desa Wisata Arborek, Raja Ampat

Ditulis 17 Dec 2014 | 11:37:33
Desa Wisata Arborek, Raja Ampat
Desa Wisata Arborek Raja Ampat

Latar belakang dan sejarah Desa Arborek

Arborek adalah desa percontohan di daerah Raja Ampat Papua. Desa ini menjadi  pelopor diantara 18 desa dalam konservasi lokal kekayaan laut berbasis masyarakat. Dengan bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pusat penelitian, dan organisasi non-pemerintah, masyarakat lokal di desa ini telah berhasil merumuskan peraturan daerah, penamaan kawasan konservasi mereka yaitu, Mambarayup dan Indip.

Arborek diberkahi kekayaan dan keindahan laut yang luar biasa. Tak hanya pasir putih halus dan rimbunnya pohoh kelapa hijau menghiasi pulau kecil ini, keramahan penduduknya pun akan membuat kita nyaman. Kampung ini tertata rapi, tak nampak sampah-sampah plastik yang berceceran. Hanya ada beberapa daun gugur, yang akan selalu dibersihkan oleh warganya.

Daya Tarik

Sempatkan diri Anda melihat keindahan alam Raja Ampat sembari mengamati kehidupan sederhana para nelayan desa ini. Saat air surut, istri nelayan melakukan Bameti (berburu teripang dan makhluk laut lainnya di tepi pantai yang layak untuk dimakan) atau menghasilkan kerajinan tangan tenun noken yang menjadi khas daerah ini.

(foto : Detik/Travel)

Tas bertali-tali yang disebut Noken telah terkenal di seluruh dunia.Ini adalah simbol kehidupan yang baik, perdamaian, dan kesuburan. Tas ini adalah salah satu suvenir terpopuler dari Raja Ampat.

Tentu saja, snorkeling dan menyelam adalah daya tarik utama Raja Ampat. Anda belum merasakan Raja Ampat jika tidak melakukan kegiatan satu ini. Saat snorkeling atau menyelam, Ikan pari manta di sini tak segan-segan berenang mendekati penyelam seolah mengajak bercengkrama dan menari di dalam air.

Transportasi

Untuk mencapai Desa Arborek, lebih mudah untuk memulai perjalanan Anda dari Sorong. Ada beberapa penerbangan yang dapat Anda gunakan dari Jakarta atau Makassar ke Sorong.


Dari Sorong, Anda dapat mengunakan kapal motor dari Pelabuhan Perikanan Sorong ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Dari Waisai, Anda dapat melanjutkan perjalanan Anda kurang dari dua jam dengan menggunakan perahu panjang ke desa Arborek.

Ada dua alternatif untuk melakukan perjalanan antara Sorong dan Waisai. Pertama, Anda dapat mengambil speedboat selama dalam dua jam. Kedua, Anda dapat menggunakan perahu pemerintah daerah selama lima jam ke Arborek, tanpa berhenti di Waisai.

Akomodasi

Saat ini tersedia tiga tempat penginapan. The Kri Eco Resort  juga The Sorido Bay Resort keduanya dikelola oleh Papua Diving. Yang paling unik adalah Misool Eco Resort, di mana hampir semua cottage sepenuhnya dibangun dari kayu yang terbawa oleh ombak ke daratan.

Kuliner

Di desa Arborek tidak tersedia warung makan ataupun restoran, tapi Anda bisa mencari tempat makan di Waisai atau Sorong. Salah satunya adalah "Tembok", tempat di Sorong yang terkenal dengan deretan warung makan.

Kurang dari satu kilometer dari "Tembok",Anda bisa menemukan restoran Lido Kuring dan Raja Seafood yang menghidangkan makanan laut sebagai menu utama mereka.

Tips

Disarankan untuk membawa perlengkapan snorkeling sendiri karena di desa ini tidak ada penyewaan Snorkeling.

Untuk dapat menemukan tempat diving terbaik di daerah tersebut, Anda dapat menghubungi pusat penyelaman terdekat seperti The Kri Eco Resort Dive Center atau The Sorido Bay Resort Dive Center.

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
bandara radin inten II, wisata lampung, pantai kiluan, way kambas
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved