Di Natas Travel Fair di Singapore Expo, Indonesia tawarkan wisata Asian Games

Ditulis 26 Mar 2018 | 08:02:39
Di Natas Travel Fair di Singapore Expo, Indonesia tawarkan wisata Asian Games
Sungai Musi (dok)

Singapura (IndiTOURIST) - Indonesia mempromosikan paket wisata Asian Games 2018 yang akan dituanrumahi Palembang dan Jakarta dalam acara Natas Travel Fair di Singapore Expo, Singapura pada 23-25 Maret 2018 lalu.

Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana di Singapura, Minggu, mengatakan paket wisata Asian Games 2018 ditawarkan kepada masyarakat di Singapura agar tertarik untuk berkunjung ke Indonesia selama hajatan olahraga terbesar se-Asia tersebut.

"Asian Games dengan beberapa paket wisata yang telah dirancang oleh pelaku industri kami tawarkan dalam Natas Travel Fair," katanya.

Total ada 151 paket wisata, dimana 70 persen-nya terkonsentrasi di tiga lokasi venue Asian Games 2018, yakni Palembang, Jakarta dan Jawa Barat serta Banten.

Pitana berharap paket-paket wisata tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk kemudian tertarik berkunjung ke Indonesia.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga turut serta mendampingi industri pariwisata dari daerahnya untuk memasarkan paket-paket wisata pendukung Asian Games 2018.

"Sumatera Selatan lebih dari sekadar pempek dan Jembatan Ampera, tetapi menawarkan petualangan seru, sekaligus memacu adrenalin yang pasti membuat wisatawan ingin segera mengunggah di media sosial," kata Irene.

Beberapa hal yang ditawarkan dalam paket tersebut di antaranya spot terbaik untuk foto media sosial atau insta story, menjelajah sejarah para Indiana Jones masa kini, petualangan kuliner, dan indahnya songket Palembang bagi para pecinta wastra Indonesia di berbagai lokasi di Sumsel misalnya eksplorasi kebun teh Pagar Alam, menyusuri Gua Putri Ogan Komering Ulu, menjelajahi alam liar di Taman Nasional Sembilang, hingga berwisata sejarah di Kampung Lahat.

Dalam ajang Natas, Indonesia secara khusus mengangkat destinasi Bali dan Kepri sebagai tema utama dan Kapal Phinisi sebagai "focus of interest".

Selain itu branding dan promosi paket wisata Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan pada 18 Agustus ? 2 September 2018.

National Association of Travel Agents Singapore (Natas) sendiri merupakan pameran pariwisata skala internasional di Singapura yang bersifat B to C (Consumer Show) yang diselenggarakan setiap tahun pada bulan Maret dan Agustus.

Tahun ini pengunjung Natas Travel Fair 2018 diperkirakan mencapai 65.000-70.000 orang dan memenuhi lahan seluas lebih dari 20.000 m2 (800 booth).

Bursa pariwisata itu diikuti oleh sekitar 87 exhibitors lokal dan international antara lain berasal dari China, Jepang, Eropa, Mauritius, Ethiopia, Hawai, Sri Lanka, Taiwan, Fiji, New Zealand, Uzbekistan, dan lain-lain.

Singapura merupakan salah satu fokus pasar wisatawan mancanegara, khususnya ASEAN ke Indonesia,dimana total kunjungan sepanjang tahun 2017 (Januari ? Desember 2017) sebanyak 1.512.813 wisman dengan pertumbuhan 2,72 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 2018, Kemenpar menargetkan wisman Singapura sebesar 1,7 juta kunjungan dari total target 17 juta kunjungan dari seluruh pasar mancanegara.

Selama beberapa tahun terakhir Singapura adalah penyumbang inbound terbesar bagi Indonesia.

Pada 2016 jumlahnya mencapai 1.742.767 dengan share 12,25 persen, jumlah ini lebih dari sepertiga total penduduk Singapura.

Selain itu rata-rata pengeluaran inbound Singapura sebesar 157,73 dolar AS per hari, adalah yang tertinggi nomor dua di Asia Tenggara dan nomor tiga di Asia setelah Brunei (161,51 dolar AS) dan Sri Lanka (158,87 dolar AS).

Salah satu upaya peningkatan promosi pariwisata Indonesia ke Singapura adalah melalui kegiatan pameran pariwisata internasional di Singapura, yaitu NATAS Travel Fair 2018, yang merupakan salah satu event pameran pariwisata B to C yang terbesar di Singapura.

Indonesia membawa serta industri pariwisata dari 7 Destinasi Provinsi antara lain Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Serta partisipasi dari 3 Dinas daerah yaitu Kepulauan Riau, DKI Jakarta, dan Sumatera Selatan.

Pada waktu yang bersamaan Indonesia juga turut serta berpartisipasi dalam ajang Travel Revolution 2018 di Marina Bay Sands, Singapura. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved