Di Subang ada pendampingan UMKM

Ditulis 26 Jan 2022 | 07:49:22
Di Subang ada pendampingan UMKM

Subang (IndiTOURIST) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pihaknya akan menyiapkan berbagai program untuk memberikan pelatihan maupun pendampingan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama pelaku ekonomi kreatif di Subang, Jawa Barat.

"Kebangkitan ekonomi di tengah pandemi (COVID-19) mulai terasa di Kabupaten Subang. Beberapa produk UMKM sudah menunjukkan kelasnya, bahkan sudah mampu ekspor ke pasar internasional," kata Sandiaga saat meninjau produk UMKM di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Subang, Jawa Barat, Minggu.

Bagi dia, mempertahankan lapangan kerja menjadi peran bersama seluruh pihak yang terlibat dalam ekosistem ekonomi. Dalam hal ini, pemerintah hadir untuk memberikan fasilitas dan pendampingan agar menciptakan peningkatan nilai produk maupun ekonomi.

Untuk mewujudkan peran pemerintah, pihaknya akan menyelaraskan pelatihan, pendampingan, bootcamp pemasaran, serta perizinan seperti sertifikasi halal sehingga produk-produk UMKM di Subang dapat naik kelas.

Mengenai proses bootcamp (program pelatihan), lanjutnya, akan ada proses registrasi dan kurasi yang diharapkan memicu penciptaan pelbagai produk ekonomi kreatif (ekraf).

Hal itu disebabkan penilaiannya terhadap salah satu produk UMKM yang memiliki kualitas mendunia.

“Para pelaku di sini baru menciptakan satu produk saja sudah laku ke seluruh Indonesia seperti 'Panas Bang' (kue pastri nanas Subang) yang baru dua bulan hadir, sudah dikenal sampai pelosok nusantara,” katanya.

Dalam kesempatan yang lain, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kabupaten Subang Yayat Sudrajat menyatakan sebanyak 30 ribu pelaku UMKM di daerah setempat telah menggunakan jasa konsultasi di PLUT Subang.

Hal itu dilakukan antara lain untuk mengetahui cara memperluas jangkauan pemasaran dan pengemasan produk yang baik.

Menurut dia, saat ini pelaku UMKM Subang sangat membutuhkan workshop terkait cara pengemasan produk yang baik.

“Dengan adanya workshop, semoga seluruh permintaan pengusaha mikro ini bisa terakomodir,” ungkap Yayat ketika ditanya oleh Antara. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved