Diharapkan wisata ke Lagoi kembali dibuka

Ditulis 16 Okt 2020 | 08:17:21
Diharapkan wisata ke Lagoi kembali dibuka
Bintan (dok)

Bintan (IndiTOURIST) - Pjs Bupati Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Buralimar menyambut baik pembukaan jalur perbatasan antara Batam dan Singapura yang rencananya dimulai pada 26 Oktober 2020 dan berharap hal itu berdampak pada dibukanya akses wisatawan mancanegara (wisman) ke kawasan wisata internasional Lagoi di Bintan.

"Pemprov Kepri pun sudah jauh-jauh hari menyurati pemerintah pusat agar membuka pintu masuk wisman Singapura di Lagoi. Jadi sebaiknya jangan cuma Batam, tapi Bintan juga dibuka," kata Buralimar.

Menurut Buralimar, kawasan wisata Lagoi secara umum sudah sangat siap untuk menyambut kedatangan wisman dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, katanya, Lagoi juga memiliki pelabuhan sendiri untuk melayani wisman dan letaknya berada jauh dari pemukiman warga.

"Kami siap mempertaruhkan Lagoi untuk menerima wisman di tengah pandemi COVID-19," tuturnya.

Buralimar menyarankan pemerintah dapat melakukan uji coba penerimaan wisman Singapura di pelabuhan khusus Lagoi. Misalnya, kata dia, wisman yang masuk dibatasi 300 orang per pekan.

"Kalau bisa, akhir Oktober atau awal November 2020 sudah dibuka secara bertahap, supaya pariwisata Bintan tetap menggeliat meski ada wabah," ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tidak dapat memaksa pemerintah pusat membuka pintu wisman di Lagoi, karena hal itu sepenuhnya menjadi kebijakan secara nasional.

"Paling tidak kami mendorong agar pemerintah pusat mempertimbangkan permintaan tersebut," tuturnya.

 Indonesia dan Singapura telah menyepakati pembukaan akses keluar masuk antar kedua negara melalui dua titik, yakni kapal feri melalui Tanah Merah Ferry Terminal Singapura - Batam Center Ferry Terminal Batam, lalu penerbangan melalui Bandara Soekarno - Hatta International Airport dan Changi International Airport.

Namun akses ini buat sementara waktu hanya diperuntukkan bagi kepentingan bisnis dan perjalanan dinas yang mendesak. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved