Festival Bahari Raja Ampat Siap Digelar Minggu Depan

Ditulis 08 Okt 2015 | 11:01:13
Festival Bahari Raja Ampat Siap Digelar Minggu Depan
Menpar Arief Yahya dan Bupati Kabupaten Raja Ampat, Marcus Wanma (foto : dok)

Jakarta – (IndiTOURIST) -  Dalam rangka menjaga popularitas Raja Ampat sebagai lokasi diving berkelas dunia agar terus meningkat, pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar festival Bahari Raja Ampat 2015.  Acara ini akan digelar pada 18 – 21 Oktober 2015 di kawasan Pantai Waisai tercinta (WTC).

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, dirinya menyambut baik diselenggarakannya event ini.  Dikatakannya, acara ini bisa menjadi sarana promosi serta membangkitkan peran serta masyarakat dalam melestarikan dan mengembangkan alam dan budaya masyarakat setempat. “Melalui festival menjadi momentum untuk membangkitkan kesadaran masyarakat  bahwa kegiatan pariwisata akan meningkatkan kesejahteraan,” katanya. (baca juga : Pulau Wayag Raja Ampat Nan Indah)

Arief juga mengatakan bahwa penyelenggaraan festival Bahari Raja Ampat ini sesuai dan sejalan dengan tema peringatan Hari Pariwisata Dunia tahun ini yakni One Billion Tourists, One Billion Opportunities. “Turunan tema tersebut kita gunakan untuk tema acara ini,” jelasnya.

Dikatakannya, wisata Raja Ampat yang sudah mendunia ini bila alam dan budaya masyarakatnya semakin lestari, maka value-nya juga akan semakin naik dan  semakin mensejahterakan masyarakat. Begitu pula sebaliknya.  “Bila alam Raja Ampat  menurun dan tidak terpelihara, akan ditinggalkan oleh wisatawan dan tidak memberikan kesejahteraan,” tegasnya. (baca juga : Desa Wisata Arbonek)

Ia pun mengutip hasil penelitian para ahli dari UNWTO.  “Disebut dalam penelityian itu, dalam jangka menengah dan panjang,  alam yang terpelihara dan lestari akan memberikan value yang besar hingga 5 sampai 10 kali lipat. Artinya bila kelestarian alam dan budaya di Raja Ampat  terjaga,  kesejahteraan masyarakat di sana akan semakin meningkat,” ujarnya.  (sg)

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved