Hari ini Indie Travel Mart Digelar

Ditulis 12 Nov 2015 | 13:34:11
Hari ini Indie Travel Mart Digelar
Press Conference ITM 2015 (foto : dok)

Jakarta (IndiTOURIST) – Kementerian Pariwisata memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Indie Travel Mart (ITM) 2015 yang digelar hari ini hingga lusa di Cilandak Town Square Jakarta.  Acara yang diseleggarakan oleh triptrus.com dan Koperasi Wisata Mandiri Nusantara ini diikuti oleh 50 trip operator yang sebagian besar  dikelola oleh anak muda.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, mempromosikan obyek wisata baru yang menarik di tanah air antara lain melalui pameran yang digelar dalam ITM 2015  patut diberi apresiasi dan dukungan karena sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) berwisata di dalam negeri yang tahun ini ditargetkan sebesar 255 juta dan akan meningkat menjadi 275 juta wisnus pada lima tahun ke depan.

“Wisnus menjadi kekuatan pariwisata Indonesia karena kontribusinya berupa pengeluaran mereka  lebih besar dibandingkan perolehan devisa dari wisataan mancanegara (wisman). Tahun lalu pergerakan wisnus sebanyak 250 juta mempunyai pengeluaran sebesar Rp 180 triliun,” katanya.

ITM 2015 merupakan penyelenggaraan untuk kedua kalinya setelah sebelumnya diadakan pada pertengahan 2014 di Jakarta.  Menurut DR. Sapta  Nirwandar,  Ketua Dewan Penasehat Koperasi Wisata Mandiri Nusantara,  revolusi  digital  dan kelahiran  trip  operator independen  ini  merupakan  fenomena  yang  sangat  positif  bagi  pertumbuhan ekonomi khususnya bagi industri pariwisata. Sapta, mantan Wakil  Menteri  Pariwisata  dan  Eknomi  Kreatif  tahun  2011-2014 menekankan perlunya harmonisasi  antara pelaku usaha wisata mandiri dengan pemerintah dan berbagai sektor terkait lainnya. “Link and match antara pemerintah dan para trip operator ini diperlukan agar bisa terwujud dalam kebijakan, strategi dan taktik bisnis pariwisata.

Sementara, CEO TripTrus.com  Brahmantya Sakti mengatakan, beragam destinasi unik yang  nyaris tak pernah dijadikan tujuan wisata sebelumnya akan ditawarkan dalam paket-paket wisata dengan harga terjangkau, namun tetap mengutamakan kenyamanan. “Sebagai online travel market place pertama dan terbesar di Indonesia, kami sangat senang bisa  memberi ruang bagi teman-teman trip operator independen ini untuk menawarkan paket-paketnya di pasar kami,” ujar Brahmantya. 

Sedangkan, Rudi Kamdani, Presiden Direktur FWD Life yang mendukung penyelenggaraan ITM ini mengatakan, ITM 2015 merupakan momentum tepat untuk berperan aktif dalam mendukung perkembangan industri pariwisata di Indonesia. Selain menjadi official sponsor ITM 2015, FWD Life memberikanedukasi literasi keuangan tentang manajemen bisnis dan keuangan bagi para pengusaha muda yang tergabung dalamTriptrus.com.  “Kegiatan edukasi ini diharapkan dapat membantu para trip operator untuk dapat mengembangkan usahanya menjadibisnis yang berkelanjutan dan pada akhirnya dapat berkontribusi bagi perkembangan ekonomi Indonesia.

Menurut rencana, acara ini akan dimeriahkan dengan penampilan musisi papan atas seperti RAN, Mahesa Utama, dan Souljah,  serta pertunjukan travel fashion show,   talkshow sepurtar wisata nusantara,  dan pertunjukan kesenian daerah dari sekolah-sekolah nasional plus di Jabodetabek.  (sg)

Komentar
kemenpar pesona indonesia
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Waspada dan Jaga Keluarga Saat Liburan Lebaran
28 Jun 2017 | 07:21:33
Pengelola Taman Impian Jaya Ancol mengimbau masyarakat yang mengunjungi area rekreasi itu untuk saling menjaga anggota keluarganya agar tidak ...
Wisata Buat Manula 05 Aug 2016 | 01:19:01
Back to top
Must Read
Kapal Yacht, Wisatawan Mancanegara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved