Hingga bulan depan, resort di Pulau Rote ditutup

Ditulis 24 Feb 2018 | 07:04:47
Hingga bulan depan, resort di Pulau Rote ditutup
Bandara Kupang NTT (dok)

Kupang (IndiTOURIST) - Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Nusa Tenggara Timur Abed Frans mengungapkan bawha resort-resort di kawasan wisata Pulau Rote masih ditutup hingga Maret 2018 akibat buruknya kondisi cuaca yang berdampak pada sepinya pengunjung.

"Resort-resort di Rote saat ini masih tutup dan baru dibuka kembali sekitar bulan Maret nanti, bahan kondisi sepi pengunjung ini berlangsung sejak akhir 2017 lalu karena cuaca buruk," kata Abed Frans.

Ia mengatakan, sebagai pelaku usaha perjalanan wisata yang melayani grup tour wisatawan, pihaknya terus memantau kondisi kesiapan di daerah tujuan.

Abed menyebut, destinasi unggulan yang marak dikunjungi terutama wisatawan mancanegara di wilayah terselatan NKRI itu yakni wisata berselancar di Pantai Nemberala.

Selain itu, Rote juga menyajikan destinasi wisata alam seperti Bukit Mando'o, wisata pantai, maupaun wisata budaya.

Hanya saja, menurutnya, aspek aksesibilitas berupa sarana dan prasarana pendukung di lokasi tujuan perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat untuk mendukung promosi dan pemasaran pariwisatanya.

"Banyak destinasi lain di Rote yang tidak kalah menarik selain di Nemberala, hanya kalau dipasarkan saat ini untuk wisatawan mancanegara maka aksesibilitasnnya masih belum mendukung," katanya.

Menurutnya, kondisi cuaca ekstrem yang berlangsung hingga tiga bulan terkahir berdampak pada arus wisatawan ke berbagai destinasi wisata di provinsi berbasiskan kepulauan itu.

Dampak yang lebih ekstrim, lanjutnya, di destinasi wisata unggulan nasional Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo Pulau Flores, karena destinasinya menyebar di pulau-pulau kecil. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Ini Tips berburu tiket mural di Travel fair
15 Apr 2018 | 08:29:22
Meski ada banyak pameran wisata yang diselenggarakan, namun masih banyak traveler yang gagal untuk mendapatkan tiket murah di helatan itu.
Mau naik kapal pesiar, Ini tipsnya 10 Mar 2018 | 08:03:22
Back to top
Must Read
wisata NTT, wisata pulau komodo, tour de Timor
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved