HUT ke-72, PT KA Buka Jalur Cilacap-Solo

Ditulis 04 Okt 2017 | 08:22:12
HUT ke-72, PT KA Buka Jalur Cilacap-Solo
Stasiun Solo Balapa (dok)

Yogyakarta (IndiTOURIST) - Perseroan Terbatas KAI menandai peringatan hari jadinya ke-72 dengan meluncurkan kereta baru, Kereta Wijayakusuma, yang akan menghubungkan sejumlah kota di Jawa Tengah dan DIY, yaitu Cilacap, Yogyakarta, dan Solo.

"Kereta ini diharapkan akan makin memudahkan masyarakat untuk bepergian ke kota-kota tersebut. Ini bentuk apresiasi dari kami kepada pelanggan," kata Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Yusren di sela peluncuran Kereta Wijayakusuma di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa malam.

Menurut dia, Kereta Wijayakusma memanfaatkan rangkaian kereta api premium dengan kapasitas 768 tempat duduk yang dilengkapi dengan dua gerbong untuk penumpang difabel.

Kereta Wijayakusuma akan melayani dua relasi, yaitu Cilacap-Yogyakarta dan Cilacap-Solo Balapan. Kereta dengan relasi Cilacap-Yogyakarta akan diberangkatkan dari Cilacap pukul 05.00 WIB dan tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 08.20 WIB, kereta kemudian diberangkatkan kembali dari Tugu pukul 09.30 WIB dan tiba di Cilacap pukul 13.30 WIB.

Selanjutnya, kereta dari Stasiun Cilacap akan diberangkatkan kembali pukul 14.10 WIB dengan tujuan Solo Balapan. Kereta tiba di Solo pukul 19.13 WIB dan pada pukul 19.45 WIB diberangkatkan kembali ke Cilacap dengan jadwal kedatangan pukul 01.00 WIB.

Selain di stasiun tujuan, kereta tersebut akan berhenti di sejumlah stasiun, seperti Klaten, Lempuyangan, Wates, Kutoarjo, Kebumen, Karang Anyar, Gombong, Tambak, Sumpiuh, Kroya, Sikampuh, dan Maos.

Pada awal peluncuran, PT KAI masih akan mengenai tarif promo untuk kereta tersebut sebesar Rp50 ribu untuk relasi Yogyakarta-Cilacap dan Rp70 ribu untuk relasi Solo Balapan-Cilacap.

PT KAI juga akan memberlakukan tarif khusus untuk penumpang yang membeli tiket dua jam sebelum keberangkatan untuk rute Kutoarjo-Yogyakarta atau Lempuyangan sebesar Rp25 ribu, rute Kroya-Cilacap Rp20 ribu, serta Yogyakarta atau Lempuyangan tujuan Purwosari atau Solo Balapan Rp40 ribu.

Selain itu, seperti kereta lainnya, penumpang juga sudah bisa melakukan pembelian tiket H-90 sebelum keberangkatan untuk Kereta Wijayakusuma. Pembelian tiket bisa dilayani secara "online" atau melalui tempat penjualan tiket kereta api. (ak/Ant)

Komentar
kemenpar pesona indonesia
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Waspada dan Jaga Keluarga Saat Liburan Lebaran
28 Jun 2017 | 07:21:33
Pengelola Taman Impian Jaya Ancol mengimbau masyarakat yang mengunjungi area rekreasi itu untuk saling menjaga anggota keluarganya agar tidak ...
Wisata Buat Manula 05 Aug 2016 | 01:19:01
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved