Indahnya Desa Pemuteran Bali

Ditulis 08 Mar 2015 | 10:45:20
Indahnya Desa Pemuteran Bali
Pantai di Pemuteran (Foto : dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Walaupun namanya belum seterkenal tempat wisata lain di Pulau Dewata, misalkan saja Ubud atau Kuta, namun itulah yang menjadikan suasana Desa pemuteran masih tampak sepi dan alami. Lupakan semua pekerjaan Anda di kota dan tenangkan syaraf Anda saat berada disini. Dikelilingi perbukitan yang hijau, khususnya saat musim hujan, dan pantai yang indah, desa wisata ini harus masuk ke dalam daftar tempat yang harus Anda kunjungi saat berlibur ke Bali.

Desa Pemuteran memiliki awal sebagai Desa Wisata di taun 1989. Adalah I Gusti Agung Prana, seorang pemandu wisata setempat yang membantu memajukan desa ini. Saat itu, kebanyakan penduduk desa adalah pelarian dari bencana alam letusan Gunung Agung di tahun 1963. Kondisi desa saat itu dalam keadaan yang menyedihkan. Kondisi tanah yang tak terurus juga penduduk mencari ikan dengan cara meracun ikan dan membom sehingga merusak ekosistem laut. Prana bersama penduduk perlahan memperbaiki alam desa ini sampai secantik sekarang. Tidak lama kemudian Prana membawa turis-turis asing yang menginginkan tempat wisata yang ‘lebih’ di Bali.

Daya Tarik

Di Desa Pemuteran, wisata bahari merupakan kegiatan utama bagi wisatawan. Dengan lautnya yang indah dan terjaga, aktifitas seperti snorkeling, jet ski, sampai melihat terumbu karang melalui kapal beralas kaca adalah hal yang harus Anda lakukan saat berada di sini. Pun aktivitas diving juga menjadi pilihan.

Tidak jauh dari Pemuteran ada pulau Menjangan yang memiliki banyak gua besar dan kecil di kawasan yang menjadi rumah bagi beragam jenis dan warna terumbu karang serta biota laut lainnya. Pulau Menjangan ini hanya berjarak 2 KM dari Pemuteran dan memiliki waktu tempuh 15 menit dengan speed boat.

Dengan suasananya yang sepi, kegiatan bermeditasi ialah salah satu hal yang biasanya dilakukan oleh pengunjung yang datang kesini.  Selain itu ada juga Pura Pemuteran yang memiliki pemandian air panas. Bayangkan berendam di kolam air panas, merileksasi otot-otot Anda yang keras akibat bekerja di kota besar sambil dikelilingi suasana hening dan arsitektur pura yang cantik.

Menyusuri jalan-jalan di seputar desa, Anda bisa temui layanan penunjang wisata di sepanjang jalan. Mulai dari penginapan, restoran dari berbagai kelas, jasa cuci baju, pemandu dan penyedia layanan snorkling dan menyelam, gerai suvenir, hingga layanan transportasi ke berbagai wilayah seperti Lovina yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat ini.

Transportasi

Dari Bandara Ngurah Rai, akses utama perjalanan udara menuju Bali. Anda bisa menggunakan taksi atau menyewa mobil.  Anda harus melalui Jalan Raya Gilimanuk-Singaraja. Sampai ke Buleleng Anda bisa menanyakan penduduk setempat jalan menuju Pemuteran. dari Kuta, Sanur, atau Denpasar maka perjalanan berkendara menuju Pemuteran dapat ditempuh sekitar 3–4 jam. Dari Ubud, perjalanan berkendara sekitar 2-3 jam.

Namun jika Anda menyebrang dari Pulau Jawa dengan feri menuju pelabuhan Gilimanuk. Jarak tempuh menuju Pemuteran dari pelabuhan tidak sampai satu jam perjalanan darat.

Akomodasi

Sebagai salah satu tempat wisata Bali tidak sulit untuk menemukan penginapan di sepanjang pesisir Pemuteran. Tercatat ada sekitar 12 hotel berbentuk cottage di daerah ini.

Cottage pertama di daerah ini, Taman Sari Bali Resort & Spa milik I Gusti Agung Prana, adalah salah satu rekomendasi kami. Letaknya tepat di pinggir pantai, dan jarak antar cottage yang cukup jauh (10 meter) memberi Anda privasi lebih.

Kuliner

Sebagai desa nelayan tentu Pemuteran menyediakan santapan makanan laut segar. Tempat makan yang cukup tersohor di daerah ini adalah Warung Condon Bleu dengan menu ikan rica-rica yang diklaim paling enak se pulau Bali.

Tips

Bawa selalu sun block agar kulit Anda tidak terbakar saat berenang di pantai. Saat berada di pantai, ingat untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak buang sampah sembarangan dan berhati-hati untuk tidak merusak terumbu karang saat diving.

Di daerah desa tidak ada mesin ATM, pastikan membawa uang tunai yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Patut Anda ingat cottage maupun hotel di sepanjang pantai ini harganya agak mencekik bagi yang bepergian dengan budget backpacker. Ada beberapa guest house yang murah namun letaknya jauh dari pantai.

Komentar
Smartfren 2019
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved