Kawasan Kerinci

Indahnya Wisata di Danau Kerinci

Ditulis 23 Feb 2015 | 12:30:35
Indahnya Wisata di Danau Kerinci
Keindahan Danau Kerinci (foto : dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Di Provinsi Jambi terdapat danau terbesar kedua di seluruh Pulau Sumatera, setelah Toba, bernama Danau Kerinci. Danau ini membentang seluas 4.200 Hektar dengan titik terdalam mencapai 110 Meter dan memiliki kelililing sepanjang 70 Km. Ia berada tepat di kaki Gunung Raja, 16 kilometer dari Kota Sungai Penuh. Secara Administratif, Danau Kerinci masuk ke dalam Kecamatan Keliling Danau dan Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci. Selain sebagai objek wisata, danau ini berperan penting dalam mengairi persawahan juga memenuhi kebutuhan air minum warga.

Penelitian geologi menyimpulkan Danau Kerinci merupakan bagian dari lembah yang terbentuk oleh aktivitas Gunung Kerinci dan penurunan pegunungan barisan. Wilayah yang meliputi Danau Kerinci masuk dalam alur patahan Sumatera.

Menurut folklore, dahulu Danau Kerinci ukurannya jauh lebih besar dari sekarang. Konon, ada kakak beradik bernama Calungga dan Calutat. Suatu ketika, sang kakak memakan telur di hutan yang mengubahnya menjadi Naga. Takut melukai adiknya, Calungga memutuskan terbang ke dasar danau. Calutat merindukan kakaknya setelah sekian lama menghilang. Calungga akhirnya pergi menemui adiknya di tepi danau menyebabkan hancurnya sungai yang mengaliri danau tersebut sampai ukurannya mengecil.

Daya Tarik

Danau Kerinci menyediakan banyak kegiatan. Jika anda doyan memancing ikan, ambil perlengkapan Anda dan mulai lempar kail di danau ini. Danau ini memiliki beberapa ikan khas Kerinci, seperti ikan semah, ikan medik dan ikan sekak. Namun sayang dua jenis yang disebut belakangan sudah mulai langka. Ikan Semah ini memiliki rasa yang sangat enak sampai ke sisiknya, dan biasanya dimasak dengan cara digulai.

Banyak juga wisatawan yang datang untuk camping di pinggir danau. Menikmati kekayaan alam Danau Kerinci, melihat burung-burung Belibis yang terbang dengan indahnya diatas danau juga perahu-perahu nelayan yang mondar-mandir.

Anda juga bisa melakukan wisata budaya dan sejarah saat mengunjungi Danau Kerinci. Di Desa Seleman Anda bisa temukan rumah Laheik sebagai rumah khas Kerinci. Selanjutnya Anda bisa mengunjungi Dolmen Batu Raja dan Masjid Keramat Pulau Tengah di Desa Pulau Tengah. Dolmen ini menjadi tanda bahwa daerah Danau dulu menjadi daerah pemukiman manusia Pra-sejarah. Tidak hanya Batu Raja, disekitaran sini juga banyak ditemukan sejumlah batu berukir peninggalan manusia megalit.

Setiap tahun diadakan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci yang menampilkan produk kerajinan tangan dari berbagai daerah di Provinsi Jambi.

Transportasi

Kota terdekat dari Danau Kerinci adalah  Kota Sungai Penuh yang berjarak 16 kilometer. Sungai Penuh Rute memiliki Bandara Depati Parbo yang melayani rute penerbangan dari Padang dan Jambi dua kali dalam seminggu oleh maskapai Maskapai Sky Aviation, Nusantara Buana Airlines, dan Pacific Royale Airlines. Dari kota ini Anda bisa memilih untuk menggunakan transportasi umum atau menyewa mobil.

Cara lain adalah dengan jalur darat dari Padang atau kota Jambi. Perjalanan dari kota Jambi ke Sungai Penuh memakan waktu sekitar 10 jam dengan jarak tempuh sekitar 500 Meter. Dari Jambi tersedia bus yang mengantar penumpang sampai Kabupaten Kerinci.

Alternatif jalan darat yang terakhir adalah dari kota Padang. Dari Padang Anda meneruskan perjalanan ke Muaralabuh, kemudian ke Kersik Tuo. Jarak dari kota Padang lebih dekat ketimbang dari Jambi, sekitar 211 km dengan lama perjalanan kira-kira 5-6 jam.

Akomodasi

Sampai saat ini belum ada hotel berbintang di daerah Kerinci. Anda dapat dengan mudah menemukan hotel kelas melati di Sungai Penuh. Range harga rata-rata hotel Melati sekitar Rp 100 ribu semalam. Kebanyakan wisatawan malah memilih untuk berkemah disekitar danau dengan mendirikan tenda.

Kuliner

Saat mengunjungi Danau Kerinci sayang sekali jika Anda tidak mencicipi gulai Ikan Semah, ikan endemik yang menjadi penghuni danau. Karena ikan ini sudah langka harganya cukup mahal, sampai Rp 120 ribu per kilo. Ikan ini terkenal dengan tekstur daging yang kenyal dan padat ditambah kuah gulai yang gurih-pedas makanan ini akan membayangi Anda sampai Anda ingin kembali lagi untuk menyantapnya.

Beberapa minuman yang terkenal dari Kerinci adalah kopi kerinci dan teh kayu aro. Teh kayu aro ini berasal dari perkebunan teh tertua di Indonesia yang sudah terkenal sampai mancanegara karena kualitasnya.

Tips

Tarif masuk ke kawasan Danau Kerinci ini Rp 3000 bagi dewasa dan Rp 2000 untuk anak-anak. Sesuaikan jadwal perjalanan Anda jika ingin melihat Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci.

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Wisata Jambi, Makanan khas Jambi, kuliner Jambi
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved