Ini Sobat UKM Ala Telkom

Ditulis 28 Mar 2016 | 09:01:37
Ini Sobat UKM Ala Telkom
Sobat UKM Telkom (foto : dok)

Jakarta (IndiTOURIST) – Dalam kondisi persaingan bisnis yang semakin ketat, membangun intimacy (keakraban) dengan pelanggan adalah hal yang mutlak.

Di tengah pasar yang terbuka, atribut-atribut kompetisi lainnya relatif mudah ditiru kompetitor. Pembedanya adalah menjalin kedekatan (Intimacy) dengan pelanggan layaknya seorang sahabat.

Aksi inilah yang dilakukan Telkom melalui produk Sobat UKM. Ide membuat Sobat UKM ini lumayan menarik. Awalnya, Operator pelat merah ini ingin meningkatkan trafik dari contact center anak usahanya, Infomedia.

Sobat UKM menyediakan Multi Channel ; mulai dari akses nomor khusus 1500249, via website www.sobat-ukm.com yang menyediakan berbagai alternatif chat (webinar, live chat, video call), hingga konsultasi offline.

Pembeda dari contact center yang lain adalah adanya Dedicated Agent dan Expert yang akan menjawab setiap solusi UKM baik terkait kebutuhan ICT maupun solusi bisnis untuk UKM pada jam kerja (08.00-17.00 wib).

Para expert dalam komando Project Manager sekaligus Kordinator Expert Sobat UKM, Diah Yusuf  akan mengisi konten terkait teknologi informasi dan komunikasi. (Baca juga: Sobat UKM)

Tenaga ahli yang diajak berbagi ilmu ini  berasal dari berbagai sektor industri, mulai fashion, trainer NLP, furniture, agribisnis, kuliner, souvenir boneka dan retailer. (Baca juga: Tenaga ahli Sobat UKM)

“Pada tahap pertama diluncurkan, layanan call via 1500249 menjadi aktifitas utama dari SOBAT UKM. Namun seiring dengan penyebaran informasi tentang aktifitas SOBAT UKM itu sendiri, kini model Live Chat maupun Video Chat dapat dilakukan. Ini akan memudahkan para tenaga ahli untuk menularkan ilmu dan blusukan secara virtual ke pelaku UKM,” jelas Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dalam regular sharing session dengan IndoTelko, kemarin.

Diungkapkannya, sejak diluncurkan sudah dilakukan pendampingan terhadap 12 UKM dengan trafik yang dikelola mencapai 634.903 panggilan. “Bagi saya ini statistik. Tujuan utama adalah intimacy yang berujung loyalitas ke Telkom. Konsep Sobat UKM ini tak ada yang punya. Ini Bakti Telkom Bagi Negeri,” tegasnya.

Sinyal menuju persahabatan antara Telkom dan pelaku UKM sepertinya memang ada. Setidaknya jika melihat akun media sosial dari Sobat UKM.

Banyak testimoni positif muncul dari pelaku UKM. Misalnya, salah satu pemilik akun Facebook atas nama Nyana Hasyim melakukan posting tentang pengalamannya menghubungi Sobat UKM,

“Saya benar-benar merasa senang dan terharu, karena tepat pada saat saya sedang bingung untuk menentukan langkah. Sobat UKM memberi kesempatan untuk berkonsultasi dengan tim expert Sobat UKM. Sekarang saya sudah tidak ragu lagi dalam mengambil tindakan demi kemajuan usaha yang saya jalani. Semua itu berkat ilmu yang  saya dapatkan dari tim expert Sobat UKM,” tulisnya di akun Facebook Sobat UKM.

Akun tersebut juga bahkan mengajak para pelaku UKM untuk segera memanfaatkan layanan Sobat UKM tersebut, “Buat teman teman pengusaha kecil, saya rasa sobat UKM adalah tempat yang paling tepat untuk dijadikan sahabat kita. Dalam kondisi terpuruk Uang memang sangat kita perlukan tapi belum tentu bisa menjadi solusi untuk kebangkitan usaha kita tanpa disertai ilmu dan ilmu itu telah aku dapatkan dari Sobat UKM. Terima kasih Sobat UKM,” lanjutnya.

Menanggapi respons postif itu, Awaluddin mengaku terharu. “Saya terkadang menitikkan air mata kalau membaca reaksi seperti itu di media sosial. Kepuasan yang tak ternilai uang. Itu menjadi energi bagi Telkom berbuat lebih baik,” katanya.

Diungkapkannya, Telkom juga tengah membuat terobosan dengan  mengadakan konsultasi secara off-line (from Online to Offline) dengan mengadakan Workshop Business Consultation bertema “Growing Your Business with Business Model Canvass” pada 24 Maret kemarin.

“Sesungguhnya faktor pengetahuanlah yang paling dominan bagi pelaku UKM meningkatkan daya saingnya. Kita harapkan Sobat UKM ini benar-benar menjadi sahabat bagi mereka,” pungkasnya.(idt)

Komentar
kemenpar pesona indonesia
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Waspada dan Jaga Keluarga Saat Liburan Lebaran
28 Jun 2017 | 07:21:33
Pengelola Taman Impian Jaya Ancol mengimbau masyarakat yang mengunjungi area rekreasi itu untuk saling menjaga anggota keluarganya agar tidak ...
Wisata Buat Manula 05 Aug 2016 | 01:19:01
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved