Museum Mulawarman

Istana Sultan Kutai, Peninggalan Kesultanan dan Kini Sebagai Museum Mulawarman

Ditulis 19 Jan 2015 | 05:54:11
Istana Sultan Kutai, Peninggalan Kesultanan dan Kini Sebagai Museum Mulawarman
Istana Kesultanan Kutai
Latar Belakang dan Sejarah

Istana Sultan Kutai merupakan peninggalan Kesultanan Kutai yang terletak di di jalan Diponegoro, Tenggarong, kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bangunan Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara ini didirikan pada tahun 1932 oleh Pemerintah Belanda yang menyerahkan Keraton kepada Sultan Adji Muhammad Parikesit pada tahun 1935. Bangunan Keraton Kesultanan Kutai ini mengalami perombakan atau renovasi besar setelah terjadi kebakaran di dalamnya. Renovasi dan pembangunan ini dilaksanakan pada tahun 1963.

Sejak 1976, istana ini dikelola oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai sebuah museum negara.

Daya Tarik

Di dalam Museum para pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi peninggalan Kesultanan Kutai seperti patung, tempat tidur, tahta kerajaan tempat raja, perhiasan, kelengakapn perang, gamelan keramik kuno yang berasal dari china dan lain sebagainya.

Sementara di komplek pemakaman kelurga dan kerajaan yang terdapat di sebelah kanan istana, akan terlihat batu nisan Sulatan dan keluarganya yang sebagian besar terbuat dari kayu ulin yang di ukir dalam bahasa Arab.

Transportasi

Untuk mengunjungi Istana peninggalan kerajaan kutai atau Museum Mulawarman maka pengunjung harus menuju kota Tenggarong terlebih dahulu dari Samarinda atau Balikpapan. Dari Samarinda Anda bisa menggunakan Taksi, perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam.

Akomodasi

Tidak sulit menemukan hotel di Kota Tenggarong. Hotel-hotel kelas melati dapat ditemui di pinggiran kota, sedang untuk hotel berbintang terletak di pusat kota.

Tips

Museum Mulawarman tutup pada hari jumat. Untuk hari senin-kamis/sabtu-minggu/hari libur nasional, dibuka mulai pukul 09.00 sampai pukul 16.00.

Museum Mulawarman dalam Foto :

http://www.indowisata.co/photo/istana-sultan-kutai-peninggalan-kesultanan-dan-kini-sebagai-museum-mulawarman.html

Komentar
Smartfren 2019
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
festival sungai mahakam, wisata sungai kalimantan, kota samarinda, samarinda tourism, mahakam river festival
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved