Wisata Padang

Jembatan Akar Bayang dan Air Terjun Bayang Sani

Ditulis 07 Mar 2015 | 12:25:31
Jembatan Akar Bayang dan Air Terjun Bayang Sani
Air Terjun Bayang Sari (foto : dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan terdapat dua panorama alam yang begitu unik dan indah. Keduanya berdekatan sehingga tidak terpisahkan satu sama lain.

Pertama adalah Jembatan Akar Bayang dibangun dari akar kayu beringin, menjadi penghubung antara dua desa yaitu Kampung Puluik-Puluik dan Kampung Lubuk Silau. Jembatan akar ini berasal dari akar pohon beringin tua yang konon sudah ada di tempat itu sejak tahun 1916, akan tetapi oleh warga sekitar jembatan yang disebut dengan "Titian Aka" ini diyakini sudah berada di sana sejak tahun 1897. Jembatan dengan panjang 10 meter dan lebar satu meter ini dianggap keramat oleh warga setempat.

Dari cerita-cerita yang beredar di Sumatera Barat, jembatan ini diyakini merupakan karya dari seorang ulama yang bernama Pakih Sokan sekitar tahun 1916.Ia membangun jembatan ini untuk membantu murid-muridnya menyeberangi sungai. Pakih Sokan menanam 2 buah pohon beringin pada bagian sisi sungai. akhirnya pohon beringin tersebut pun tumbuh semakin tinggi dan akar-akarnya dililitkan pada jembatan bambu yang biasa digunakan sebagai prasarana untuk melintasi sungai ini.

Tidak jauh dari jembatan akar, sekitar 3 meter, Anda dapat temui pemanangan memukau dari Air Terjun Bayang Sani. Air terjun yang terletak di Desa Koto Baru ini memiliki ketinggian mencapai 80 meter. Bayang Sani merupakan salah satu air terjun terbesar dengan lima tingkat, di Pesisir Selatan.

Pada zaman kolonial air terjun ini populer di antara bangsawan Belanda.  Awalnya air terjun ini bernama Tarasah Ikua Kudo sampai pada tahun 80-an berganti nama menjadi yang kita kenal sekarang.

Daya Tarik

Sungai yang mengalir di bawah Jembatan Akar Bayang merupakan lokasi yang sering dipakai untuk arung jeram. Anda juga bisa berenang di sungai yang mengalir jernih ini, berolahraga lintas alam, atau sekedar menikmati keindahan alam. Masyarakat sekitar mempunyai tradisi yang disebut Balimau yang diadakan di jembatan ini ketika menjelang Bulan Ramadhan. Ketika libur lebaran, jembatan ini menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Walaupun memiliki lima tingkat air terjun, namun Bayang Sani hanya bisa dinaiki wisatawan sampai tingkat ketiga. Anda bisa berendam dibawah air terjun merasakan sejuknya air yang mengalir. Di bawah air terjun ini ada lubuk yang telah dibuatkan kolam untuk tempat mandi.

Transportasi

Jika Anda menggunakan transportasi umum Perjalanan menuju objek wisata, bisa dimulai dari kota Padang naik Bus yang menuju Asam Kumbang. Lalu dari Asam Kumbang melanjutkan perjalanan dengan naik ojek. Patut Anda ingat untuk tidak pulang malam ketika menggunakan kendaraan umum karena tidak ada angkutan yang bisa mengantar Anda saat malam hari.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Padang, di kilometer 65 jalan raya Padang Painan, atau 12 km sebelum Painan, belok kiri saat pertigaan dan terus ikuti jalan ini. Kira - kira 23 km dari pertigaan ini, anda akan sampai di lokasi.

Akomodasi

Sampai saat ini belum tersedia penginapan yang dekat dari jembatan akar. Akomodasi terdekat adalah di daerah Painan. Namun di daerah ini belum terdapat hotel berbintang, sehingga Anda harus puas dengan losmen atau hotel kelas melati.

Wisma Anordio dengan fasilitas AC, TV, koneksi internet, ruang pertemuan bisa menjadi referensi Anda saat menginap di Painan. Wisma ini terletak Jalan Rawang.

Tips

Di lokasi objek wisata ini, terdapat beberapa  warung kecil yang menyediakan minuman ringan dan mie instant. Namun ada baiknya membawa makanan sendiri.

 

Komentar
Smartfren 2019
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
bandara radin inten II, wisata lampung, pantai kiluan, way kambas
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved