Kunjungan Wisman

Jumlah Turis Asing Menurun di Bali

Ditulis 02 Jul 2015 | 16:25:22
Jumlah Turis Asing Menurun di Bali
foto (doc)

Denpasar (IndiTOURIST) – Kunjungan wisman ke Bali di bulan Mei mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya.  Berdasarkan data yang ada, kunjungan wisatawan mancanegara ke bali sebanyak 295.835 orang selama bulan Mei 2015.  Angka ini mengalami penurunan jika dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 313.763 orang.   Tetapi secara kumulatif,  turis yang datang bertambah 11,29 persen menjadi 1.555.609 orang selama Januari-Mei 2015 dibanding periode yang sama tahun lalu.

Pengamat Pariwisata Tjokorda Gde Agung mengatakan, bertambah banyaknya turis asing ke Bali selama ini didominasi pelancong asal Negara kawasan asia pasifik seperti seperti Australia, Tiongkok dan Jepang.

Sesuai catatan Dinas Pariwisata Provinsi Bali, turis asing yang datang langsung melakukan perjalanan wisata dari negaranya ke Bali yang rata-rata tiga ratus ribu orang per bulan dan jumlahnya diperkirakan akan menjadi empat juta orang sepanjang 2015.

Melihat jumlah kedatangan masyarakat mancanegara ke Bali itu, sesuai sasaran turis asing yang ditetapkan empat juta ke Bali tahun 2015 bisa tercapai, bahkan bisa melebihi, mengingat dalam musim sepi kunjungan di awal tahun sudah mencapai 1,5 juta lebih, ujar Tjokorda Gde Agung.

Keyakinan ini muncul karena Bali merupakan salah satu pulau wisata terbaik di dunia sehingga masyarakat yang memiliki kegemaran untuk jalan-jalan menelusuri dunia tentu akan ingin menyempatkan diri datang ke Bali untuk mengetahui kondisi sebenarnya.

Oleh sebab itu, katanya, pemerintah bersama komponen pariwisata lainnya sudah saatnya memberikan perhatian lebih terhadap daerah perpelancongan ini, baik dalam penyediaan akomodasi, infrastruktur termasuk masalah keamanan sehingga turis merasakan aman selama berada di daerah ini.

Perhatian tersebut, kata Tjok Agung, tetap menjaga kondisi seni budaya sesuai kondisi pengembangan pariwisata Bali, maupun tenaga profesional untuk bisa memberikan pelayanan lebih maksimal kepada masyarakat dan pelancong yang berlibur di Bali.

Selain infrastruktur, masyarakat harus tetap mendapat pembinaan yang lebih sungguh-sungguh dalam menjaga alam lingkungan yang tetap asri, menjaga kebersihan dan kesehatan, termasuk kepada pelaku pariwisata supaya mampu memberikan pelayanan yang maksimal.

Tjok Agung menambahkan, pembinaan kepada masyarakat tetap penting, mengingat, hampir semua desa di Bali layak dikunjungi turis asing paling sedikit dilewatinya sehingga memerlukan sarana yang mulus jika menginginkan turis mancanegara senang dan nyaman dalam lawatanannya di Pulau Dewata.

Para komponen pariwisata baik pengelola hotel maupun lokasi wisata hendaknya juga ikut meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas menuju yang lebih baik, sebab promosi dari mulut-ke mulut diantara turis asing masih efektif mendatangkan pelancong ke Bali. (gn/ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Wisata aceh, pulau weh, Aceh tourism, weh island, pariwisata aceh, wisata NAD, NAD tourism
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved