Kaltim segera miliki KEK Pariwisata

Ditulis 01 Apr 2019 | 08:21:23
Kaltim segera miliki KEK Pariwisata
Menpar Arief Yahya (dok)

Samarinda (IndiTOURIST) - Menteri Pariwisata Arief Yahya menjanjikan Provinsi Kalimantan Timur bakal memiliki Kawasan Khusus Pariwisata ( KKP) pada tahun 2019.

Menurutnyq, saat ini tim teknis dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sudah datang ke Kaltim dalam rangka memproses pembentukan KEK Pariwisata.

"Tim kami sudah melakukan pertemuan-pertemuan, dan salah satu destinasi wisata utama di Kaltim yang akan diusulkan menjadi KEK," ungkap Arief di acara Millenials Gathering yang berlangsung di Swissbell Hotel Samarinda, Sabtu.

Ia mengatakan jika Pemprov Kaltim siap, maka pada tahun 2019 ini juga Kaltim sudah bisa memiliki KEK Pariwisata.

"Tadi juga saya sudah bilang Pak Wagub (Hadi Mulyadi), kalau mau tidak tidur bersama saya, insyallah tahun ini Kaltim punya KEK," kata Arief Yahya.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, dan Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi.

Arief menuturkan cara paling cepat mengembangkan pariwisata adalah dengan membentuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

"Tadi saya ngobrol dengan Wagub, cara paling cepat mengembangkan pariwisata adalah memiliki kawasan ekonomi khusus pariwisata," kata Arief.

Meski demikian, Arief tidak menyebut secara gamblang destinasi wisata apa di Kaltim yang akan menjadi KEK Pariwisata.

"Di mana lokasinya, masih rahasia, Tadi saya sudah kasih clue sebenarnya. Cluenya adalah destinasi wisata utama Kaltim. Dan Saya pernah ke sana lah," tutur Arief.

Diketahui, Kepulauan Derawan menjadi destinasi wisata andalan di Kaltim, dengan wisata baharinya.

Sementara itu, Wagub Kaltim Hadi Mulyadi menuturkan Kaltim siap bekerjasama dengan Kemenpar untuk membangun pariwisata. "Kami siap kerjasama membangun pariwisata. Kami siap tidak tidur untuk itu," kata Hadi.

 Menurut Hadi, Kaltim juga memiliki destinasi wisata kelas dunia, terutama di Kabupaten Berau. Dari 20 juta target wisatawan yang dicanangkan Pemerintah Indonesia, Hadi berharap 2 jutanya datang ke Kaltim

"Kita berharap acara hari ini jadi titik awal pembangunan wisata di Kaltim. Acara ini diinisiasi Bu Hetifah dan menghadirkan narasumber khusus, yakni Menteri Pariwisata. Kita punya destinasi Kepulauan Derawan, Labuan Cermin," jelas Hadi. (ak/Ant)

Komentar
Smartfren 2019
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved