Ini Kanal Khusus Pantau Gunung Agung Versi Kemenpar

Ditulis 29 Nov 2017 | 07:23:11
Ini Kanal Khusus Pantau Gunung Agung Versi Kemenpar
Situs Indonesian.travel (dok)

Jakarta (IndiTOURIST) - Kementrian Pariwisata (Kemenpar) memberikan perhatian khusus terhadap meningkatnya aktifitas erupsi Gunung Agung di Bali.

Kementrian di bawah pimpinan Menteri Pariwisata Arief Yahya ini meluncurkan sub kanal yang berisikan informasi terbaru tentang status Gunung Agung di portal indonesia.travel, website Kemenpar.

“Ikuti terus info dan perkembangan Bali dan Gunung Agung, hari ini kami meluncurkan kanal khusus di indonesia.travel, website Kemenpar. Yang ingin up date info terkait dengan aktivitas terbaru Gunung Agung silakan. Yg ingin mengeksplorasi info destinasi wisata Indonesia lain, juga silakan,” kata Menpar Arief Yahya, Selasa, (28/11).

Pria yang akrab disapa AY itu pun memberikan saran bagi daerah wisata yang dekat dengan Pulau Bali seperti Lombok untuk menunjukkan simpati ke wisatawan.“Pesan saya, beri kemudahan dan layani mereka dengan istimewa. Mereka adalah calon-calon customers loyal, jika industri berempati dengan mereka, di saat mereka sedang membutuhkan pertolongan,” katanya.

Pun juga sebaliknya, jika mereka justru diperlakukan tidak wajar, mereka akan antipati. Dan, mereka bisa bercerita viral di media sosial yang tidak menguntungkan bisnis pariwisata di Lombok ke depan. “Ini saatnya memberi! Ini saatnya melayani dengan hati,” ungkap Menpar Arief.

Caranya? Pertama, akomodasi, seperti hotel, resort, homestay, penginapan, usahakan beri diskon lebih dari 50%. Lebih besar, lebih bagus, agar wisatawan merasa tidak “dimanfaatkan”. Mereka sudah susah, karena skedul pulang mereka tidak lancar karena bencana. “Jangan dibikin makin susah,” tutur Menpar Arief.

Jika itu dilakukan oleh industri dan kompak, kata Arief Yahya, mereka akan mengenang hospitality industri di Lombok. Mereka akan bersimpati. Mereka berpotensi menjadi customers loyal, dengan Lombok. “Kebaikan induatri di Lombok akan ada di hati dan pikiran mereka,” kata dia.

Kedua, transportasi selama ada di Lombok. Sediakan transport free dari hotel ke bandara. Beri kemudahan, seluas-luasnya agar mereka tidak terbebani lagi. “Siapkan transportasi free menuju bandara, jika memungkinkan perkenalkan destinasi unggulan di Lombok, agar mereka tidak boring, sekaligus promosi destinasi dan event,” katanya.

Ketiga, jika orang yang antre banyak, siapkan hiburan apa saja yang membuat mereka asyik. Bisa di hotel, bandara, pelabuhan, maupun tempat berkumpul mereka. “Beri atraksi yang membuat mereka merasa nyaman. Sekaligus promosi budaya Lombok yang bisa mengundang mereka datang lagi,” sebutnya.

Asal tahu saja, bandara Internasional Ngurah Rai, Bali pagi ini, 28 November 2017 ditutup lagi. Mulai pukul 07.00 WITA, sampai 07.00 WITA besok, 29 November 2017. Penutupan itu disampaikan oleh Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia.

AirNav menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) nomor A4274/17 mengenai perpanjangan penutupan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Erupsi Gunung Agung yang terjadi semalam menutupi ruang udara di atas Bandara I Gusti Ngurah Rai sehingga mempengaruhi keamanan penerbangan.

Semula, bandara ditutup sampai Selasa (28/11) pukul 07.00 WITA, sekarang menjadi sampai Rabu (29/11) pukul 07.00 WITA hari ini.(idt)

Komentar
kemenpar pesona indonesia
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Waspada dan Jaga Keluarga Saat Liburan Lebaran
28 Jun 2017 | 07:21:33
Pengelola Taman Impian Jaya Ancol mengimbau masyarakat yang mengunjungi area rekreasi itu untuk saling menjaga anggota keluarganya agar tidak ...
Wisata Buat Manula 05 Aug 2016 | 01:19:01
Back to top
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved