Kawasan kumuh tepi Sungai Siak ditata untuk wisata

Ditulis 05 Okt 2021 | 08:07:21
Kawasan kumuh tepi Sungai Siak ditata untuk wisata
Istana Siak (ilustrasi)

Pekanbaru (IndiTOURIST) - Pemerintah Kota Pekanbaru,Riau, menata kawasan kumuh di pinggir Sungai Siak untuk dijadikan sebagai lokasi wisata dan pusat kuliner agar menjadi daerah menarik untuk dikunjungi warga.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT mengaku sudah mencoba memperkenalkan program ini ke Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan harapan pemerintah pusat memberikan bantuan untuk pengembangan lokasi lebih baik.

"Tim dari PUPR juga sudah meninjau program penataan kawasan tepi Sungai Siak di Kota Pekanbaru. Mereka ingin melihat percepatan program "Kotaku" tahun 2021 terutama di Kawasan Senapelan," katanya.

Dia mengatakan, Pemkot Pekanbaru bisa menata kawasan di pinggiran sungai itu secara bertahap. Dulu kawasan itu dikenal kumuh penuh rumah liar. "Perlahan kami mulai benahi dan menjadi kawasan menarik," kata Wali Firdaus.

Kini secara bertahap kawasan itu sudah ditata dengan menambah sejumlah fasilitas umum dan infrastruktur sederhana.

Pemerintah kota juga membina para pedagang kuliner di sekitar kawasan itu. Apalagi kawasan di sekitar tepi sungai ada taman bermain bagi masyarakat.

Firdaus juga mendorong camat dan lurah setempat bisa ikut membina masyarakat sekitar untuk turut ikut menjaga kawasan itu. "Kita jaga lingkungan yang sudah ditata dengan baik," ajaknya.

Ia menyebut ada sejumlah lokasi yang belum masuk dalam penataan. Kondisi tersebut karena masih ada kendala pembebasan lahan. "Sejumlah kawasan itu juga butuh akses air bersih dan pengelolaan air limbah," tutupnya. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Mangrove Sungai Bersejarah Siak
21 Aug 2021 | ::
SIAK (IndiTOURIST) - Siak kini bersolek.  Sebuah kabupaten di Provinsi Riau, dengan pusat pemerintahan berada di Siak Sri Inderapura. Kabupaten ...
Tips
Awal Juni, Borobudur dan Prambanan kembali dibuka
23 May 2020 | 07:47:11
PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero) akan membuka kembali operasional taman wisata candi beserta fasilitasnya pada awal ...
Back to top
Must Read
Kapal Yacht, Wisatawan Mancanegara
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved