Kebakaran hutan, tak ganggu pariwisata Pulau Komodo

Ditulis 13 Aug 2018 | 05:01:34
Kebakaran hutan, tak ganggu pariwisata Pulau Komodo
Bandara Komodo (dok)

Kupang (IndiTOURIST) - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu mengatakan wisatawan jangan takut berwisata ke Taman Nasional Komodo meskipun terjadi kebakaran hutan beberapa waktu lalu.

"Saya mengimbau wisatawan jangat takut berwisata ke Komodo. Tetaplah datang seperti biasa karena semuanya aman, nyaman, terkendali," kata Mariu Ardu Jelamu.  

Ia menjelaskan, peristiwa kebakaran itu sedang dalam penanganan dan investigasi tim penyidik di daerah setempat bersama pihak laboratorium forensik dari Denpasar, Bali.

Lokasi wisata Pulau Gili Lawa darat, lanjutnya, memang masih ditutup sementara untuk kepentingan penyelidikan namun tidak untuk seluruh destinasi lainnya dalam kawasan wisata Taman Nasional Komodo.

 "Gili Lawa hanya satu dari gugusan pulau-pulau yang ada. Masih ada Pulau Rinca, Pulau Kawanua, Pulau Padar, perairan Gili Lawa, dan lainnya untuk dikunjungi," katanya.

Marius mengajak wisatawan agar tetap berkunjung ke titik lokasi lainnya yang tetap dibuka untuk menikmati keindahan wisata alam, menyelam, berselancar, dan lainnya.

Menurutnya, peristiwa kebakaran hutan yang didominasi padang savana di bukit Pulau Gili Lawa itu tidak mengurangi minat wisatawan ke destinasi itu.

Bahkan, lanjutnya, meskipun sudah dilarang untuk sementara namun diketahui ada wisatawan yang nekat menerobos masuk untuk menikmati keindahannya.

"Untuk itu, di lokasi Gili Lawa kami minta agar wisatawan bersabar sambil menunggu pihak terkait melakukan investigasi," katanya.

Marius mengapresiasi upaya pihak Balai Taman Nasional Komodo maupun Kepolisian Resor Manggarai Barat secara cepat merespon setelah mengetahui adanya kebakaran dan melakukan upaya pemadaman. (ak/Ant)

Komentar
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
wisata jawa tengah, candi Borobudur, borobudur of temple, jawa tengah tourism, center of jawa tengah
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved