Keindahan Supiori di Negeri Mutiara Hitam

Ditulis 18 Mar 2015 | 06:05:12
Keindahan Supiori di Negeri Mutiara Hitam
Sudut Indah Sebuah Pantai di Supriori (foto : dok)
Latar Belakang dan Sejarah

Pernah bertanya-tanya apakah Kabupaten termuda di Indonesia? Jawabannya adalah Supiori, Provinsi Papua. Sejak 2003 Supriori adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Biak Numfor. Kabupaten ini merupakan pulau terpisah dengan ibukota di Sorendiweri. Pulau ini terpisahkan dari Biak oleh selat Sorendiweri. Di atas selat berdiri sebuah jembatan sepanjang 100 meter yang menghubungkan kedua pulau.

Kawasan Supiori memiliki wilayah daratan seluas 704,24 km2. Pulau memiliki topografi yang didominasi oleh pegunungan. Supriori memiliki hutan suaka alam, kawasan hutan lindung, dan kawasan hutan produksi. Saat Anda menjelajah hutan di sekitar Supiori maka perhatikan kekayaan floranya, yaitu: merbau, matoa damar, ketapang hutan, manggustan, pandanus (pohon buah merah), dan berbagai jenis bambu. Ada pula ada berbagai jenis anggrek hutan termasuk seperti anggrek hitam yang dilindungi.

Berbagai fauna dan flora endemik seperti burung kakak tua raja jambul merah, kakak tua hitam jambul kuning, cenderawasih, kuskus dan anggrek hitam mendiami hutan-hutan Supriori.

Daya Tarik

Saat Anda menyisiri kawasan suaka alam di Supiori Anda akan melihat sendiri kekayaan juga keindahan alam Papua. Anda bisa melakukan treking melintasi hutan-hutan yang eksotis. Salah satu air terjun paling terkenal di Supiori adalah Air Terjun Wabudori yang merupakan rangkaian dari tujuh tingkatan air terjun di Sungai Wabudori. Air terjun ini sangat cocok bagi kegiatan arung jeram.

Di daerah wobudori terdapat cagar alam yang memiliki hutan asli dengan berbagai macam habitat flora dan fauna yang dilindungi. Anda bisa temui burung kakak tua raja jambul merah, kakak tua hitam jambul kuning, cenderawasih, kuskus, babi hutan, dan tikus hutan. Ada juga, burung mahkota, kakak tua putih, mambruk, nuri hijau/merah, nuri kepala hitam, kumkum dan lainnya.

Daerah Supiori juga dianugerahi kawasan pesisir pantai cantik. Anda bisa berenang, menyelam atau melakukan snorkeling di perairannya yang biri. Atau jika bermain air bukanlah kegemaran Anda, cobalah bersantai diatas pasir pantainya yang putih.

Kawasan perairan juga kaya akan makhluk laut seperti tuna, cakalang, tenggiri, baronang, napoleon, kuwe, kerapu, kuris merah, juga teripang dan rumput laut. Segera ambil pancingan Anda dan lempar kail sejauh mungkin. Laut yang terletak di Supiori adalah lokasi favorit pemancingan. Anda bisa menyewa speedboat untuk memancing ditengah laut.

Anda juga bisa melakukan wisata budaya dengan menonton acara tari-tarian adat setempat yang sering diadakan oleh penduduk.

Transportasi

Anda bisa menggunakan pesawat komersial ke ke Bandar Udara Frans Kaisiepo Airport, Biak dari berbagai kota besar di Indonesia. Dari Biak Anda melanjutkan perjalanan ke menyewa kendaraan dari bandara dengan beberapa jalur darat pilihan. Satu jalur lewat Biak Utara berjarak 90 kilometer dengan waktu tempuh 2-3 jam. Ada jalur alternatif dengan melewati Samber berjarak 80 km ditempuh dengan waktu 2-2,5 jam atau Boibaken dan Syabes.

Anda juga bisa menggunakan speedboat dari Biak Numfor ke Supiori.

Akomodasi

Di daerah Supiori tidak ada penginapan resmi, namun Anda bisa menyewa rumah penduduk untuk menginap. Walau sederhana, nilai plusnya adalah Anda bisa lebih berinteraksi dengan penduduk setempat selain itu juga lebih murah.

Jika Anda memilih untuk memilih menginap di hotel atau penginapan resmi ada beberapa pilihan hotel di Biak. Diantaranya Aerotel Irian di Jalan Muh. Yamin SH dan Solo Hotel yang beralamat di Jalan Wolter Monginsidi 4.

Kuliner

Sagu adalah makanan pokok penduduk disini, biasanya dimakan dengan makanan laut segar.  Anda dapat membeli ikan kepada nelayan setempat lalu ikan dibakar di rumah penduduk. Sepanjang jalan antara Biak- Sorendiweri Anda dapat dengan mudah menemukan jejeran warung makanan laut.

Tips

Hindari datang ke Supiori antara Januari dan Maret. Saat itu, curah hujan sedang tinggi-tingginya.

Komentar
Smartfren 2019
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
wisata jawa tengah, candi Borobudur, borobudur of temple, jawa tengah tourism, center of jawa tengah
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved