KEK Tanjung Pulisan serap tenaga kerja di Sulut

Ditulis 28 Apr 2019 | 08:12:22
KEK Tanjung Pulisan serap tenaga kerja di Sulut
Wisman di salah satu KEK (dok)

Manado (IndiTOURIST) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Pulisan, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara akan menyerap sebanyak 262 ribu tenaga kerja.

"Kaum milenial gereja diharapkan mempersiapkan diri untuk mengambil peluang dalam pembangunan Sulut di sektor pariwisata dan sektor-sektor lainnya," ajak Gubernur Olly beberapa waktu lalu.

Gubernur optimistis, kehadiran KEK Pariwisata Tanjung Pulisan yang bakal menelan anggaran Rp26 triliun tak hanya memberikan dampak positif bagi warga sekitar, tapi juga untuk Sulut.

"Pintu gerbang Sulut terbuka seperti yang ditulis oleh tokoh Dr. Sam Ratulangi bahwa Sulut adalah pintu gerbang Pasifik. Selain KEK Pariwisata tentunya didukung oleh penerbangan langsung dari Sulut ke mancanegara dan status Pelabuhan Bitung sebagai Pelabuhan Hub," ujarnya.

Karenanya, dia berharap pemuda selalu mendukung program Presiden Joko Widodo dan pemerintah provinsi agar peluang tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dengan menggali potensi diri untuk dijadikan senjata dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

"Jangan kita lengah. Kalau kita lengah kita akan ditinggalkan pada masa yang akan datang. Mari kita bersama-sama mempersiapkan generasi untuk melanjutkan pembangunan sulut," katanya.

Pemerintah provinsi dibantu pemerintah pusat terus mempersiapkan infrastruktur pendukung KEK Tanjung Pulisan yang rencananya akan ditetapkan pada bulan Juni mendatang.

Akses pendukung jalan, misalkan, saat ini mulai dilakukan pelebaran menggunakan APBD Sulut dibantu dengan APBN yang dialokasikan melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Sebelumnya, pemerintah daerah juga terus mempersiapkan sumber daya manusia yang akan mengisisi ruang tenaga kerja di kawasan itu yang dimulai dengan menyekolahkan pemuda-pemudi lingkar tambang yang berdekatan dengan KEK pariwisata ke China untuk belajar pariwisata.

Setiap tahunnya, ada sekitar 20-25 pelajar yang dikirimkan, dan di sana para pelajar mendalami bahasa dan budaya sehingga ketika kembali bisa diserap pasar kerja, ujarnya. Pemerintah provinsi, lanjut gubernur, menargetkan sebanyak 1.000 pelajar yang belajar ke China. (ak/Ant)

Komentar
Smartfren 2019
Photo
Lebih Dekat Dengan Labuan Bajo
01 Okt 2017 | ::
Labuan bajo merupakan salah satu destinasi andalan wisata Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur.  Selain Pulau Komodo, berbagai pulau di Bajo ...
Tips
Pusat informasi turis di Kualanamu resmi dibuka
09 Sep 2018 | 09:01:36
Kementerian Pariwisata meresmikan Pusat Informasi Turis di Bandar Udara Kualanamu untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.
Back to top
Must Read
Wisata bangka barat, wisata muntok, tempat pengasingan bung karno, bangka barat tourism, muntok tourism
©2014 IndiTOURIST.com All Right Reserved